Melalui Car Free Day Dorong Pemberdayaan Ekonomi

0
32
Car Free Day (CFD) yang digagas Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sleman di Lapangan Pemda Sleman. (Foto: Humas Pemkab Sleman)

KABAREWISATA.COM – Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, menghadiri dan ikut meramaikan kegiatan Car Free Day (CFD) yang digagas Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sleman di Lapangan Pemda Sleman, Minggu (26/11/2023) pagi.

Wakil Bupati Sleman bersama ratusan masyarakat tampak antusias mengikuti senam dan olahraga lari (jogging) di kawasan Lapangan Pemda Sleman.

Dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, menyampaikan, CFD ini merupakan upaya Pemkab Sleman dalam memberikan wadah bagi masyarakat untuk mengisi akhir pekan dengan kegiatan positif seperti berolahraga dan kegiatan lainnya.

Danang menyebut, digelarnya CFD ini dapat memberdayakan ekonomi masyarakat. “Khususnya pelaku UMKM yang diberikan kesempatan untuk menjajakan produknya dalam kegiatan CFD,” kata Danang.

Kegiatan CFD terbuka untuk masyarakat umum secara gratis yang ingin melakukan kegiatan olahraga dan kegiatan lainnya. Ramainya masyarakat yang datang di CFD ini sekaligus membantu perekonomian masyarakat. “Khususnya UMKM yang terlibat dalam kegiatan CFD,” jelas Danang usai mengikuti senam di CFD.

Danang berharap CFD ini dapat diselenggarakan secara konsisten, mengingat tingginya antusias masyarakat yang datang di kegiatan CFD Kabupaten Sleman.

Kepala Dishub Sleman, Arif Pramana, menuturkan, penyelenggaraan CFD ini memasuki minggu ke empat di bulan November.

Ia mengungkapkan, sejak diresmikan, CFD ini mendapat respon yang baik dari masyarakat. Hal tersebut terlihat dari jumlah orang yang datang untuk melakukan kegiatan di CFD meningkat setiap pekannya.

Sementara ini CFD digelar selama satu bulan, setiap minggu pukul 06.00 pagi sampai 10.00 siang dengan mensterilkan kawasan Lapangan Pemda (pengalihan jalur kendaraan). Dengan pertimbangan antusias masyarakat, Dishub akan segera melakukan koordinasi untuk kemungkinan CFD ini dilanjutkan untuk jangka panjang.

Dalam proses koordinasi tersebut, Arif menuturkan, nantinya akan direncanakan bekerjasama dengan beberapa OPD di lingkungan Pemkab Sleman terkait fasilitasi dalam CFD.

Sementara ini, OPD yang terlibat dalam CFD yaitu Dinkes Sleman dengan fasilitas pemeriksaan kesehatan gratis, Dispora Sleman dengan fasilitas senam massal dan Disperindag Sleman yang melibatkan pelaku UMKM.

“Ke depan rencananya kita akan bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan untuk mengisi hiburan di CFD ini,” ungkapnya. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here