Mahasiswi UAD Raih Juara 2 Loker 2023

0
21

KABAREWISATA.COM – Meski lawannya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) “gajah”, mahasiswi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta bisa meraih Juara 2 dalam Lomba Inovasi Kewarganegaraan (Loker) tahun 2023 yang diadakan Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Nusantara PGRI (UNP) Kediri, Jawa Timur.

Adapun sebagai Juara 1 adalah Universitas Pendidikan Ganesha (UNDHIKSA) dan Juara 3 Universitas Negeri Malang (UNM) serta Juara Harapan 1 Universitas Gadjah Mada (UGN) dan Juara Harapan 2 Universitas Airlangga (UNAIR).

Babak penyisihan lomba dilakukan secara daring dengan seleksi karya esai. Kemudian, peserta yang masuk finalis — diumumkan pada 1 Maret 2023 — melakukan kegiatan presentasi dan tanya-jawab secara luring dengan juri di Gedung A4 Universitas Nusantara PGRI Kediri pada 11 Maret 2023.

Pada kesempatan itu UAD diwakili Nona Carolina, mahasiswi Semester 4 Ilmu Kesehatan Masyarakat. Selain itu mahasiswi yatim-piatu ini adalah penerima beasiswa KIP-Kuliah Angkatan 2021.

Setelah dari Kediri, Nona pada 18 Maret 2022 langsung berangkat ke Universitas Riau untuk ikuti lomba debat. Tepatnya, Lomba Cerita Inspiratif Nasional dan LKTI Nasional “Saya tetap semangat dan berprestasi,” kata Nona.

“Meski meraih juara harus selalu hebat dan selalu haus prestasi, tapi jangan lupa untuk tetap membumi,” ungkap Danang Sukantar, MPd, Kepala Bidang Pembinaan Organisasi Kemahasiswaan dan Prestasi Mahasiswa Bimawa UAD, Selasa (14/3/2023).

Menurut Danang, Allah SWT pasti akan memberi jalan ketika kita yakin dan berusaha mencari pintunya.

Meski begitu, Nona masih merasa kurang bermanfaat untuk orang di sekitarnya. “Pengabdian saya masih dalam lingkup kecil dan belum ada aksi yang besar,” kata Nona, yang sering menangis bila melihat orang-orang yang jauh lebih susah darinya.

“Ibaratnya, masih banyak orang yang perlu kita rangkul,” katanya.

Melihat teman-temannya kuliah yang tidak serius, Nona selalu mengingatkan dan membantu sebisa mungkin. “Kasihan perjuangan orangtuanya,” kata Nona. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here