LPM Teras Pers UAJY Gelar Workshop Jurnalistik Bersama Tempo

0
18

KABAREWISATA.COM – Lembaga Pers Mahasiswa Teras Pers, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), belum lama ini mengadakan workshop bersama Majalah Tempo bertajuk “Penulisan Naskah Jurnalistik Investigasi”.

Kegiatan yang berlangsung di Student Lounge, Kampus II, Gd. Thomas Aquinas, mengundang jurnalis senior Tempo Raymundus Rikang, yang juga alumni FISIP UAJY tahun 2009.

Rikang membuka workshop dengan meminta update dan evaluasi mengenai tugas isu lingkungan yang berada di Yogyakarta dan sekitarnya.

Evaluasi ini, kata Rikang, bertujuan untuk membantu teman-teman dalam menggali informasi lebih dalam lagi. “Jadi, jika ada kesulitan dapat saling membantu,” ujar Rikang.

Terdapat tiga isu yang menjadi fokus utama, yaitu alih lahan sawah untuk lahan pemukiman di Yogyakarta, penanggulangan abrasi oleh Pemerintah Yogyakarta dan pengelolaan wisata di Gunungkidul serta penambangan pasir ilegal di Yogyakarta.

Evaluasi disampaikan oleh masing-masing kelompok untuk bersama-sama belajar mengenai permasalahan yang terjadi di lapangan.

Tidak jarang, para anggota kelompok memberikan masukan dan keluhannya. Evaluasi dilaksanakan secara terbuka sehingga siapapun yang memiliki argumen dan tanggapan dapat disampaikan kepada seluruh pihak yang terkait.

Workshop dilanjutkan dengan materi penulisan naskah jurnalistik investigasi. Kali ini, awak Teras Pers dikenalkan mengenai berbagai jenis berita: hardnews, feature dan news story.

Dijelaskan Rikang, Majalah Tempo menggunakan jenis berita news story. “Istilahnya adalah air terjun atau dengan penulisan kronologis yang runtut,” jelas Rikang.

Rikang juga menjelaskan, dalam penulisan berita hendaknya tidak melupakan kedetailan pencarian informasi di lapangan. “Sehingga tulisan yang ditulis akan membawa pembaca untuk menyelami artikel lebih dalam lagi,” ungkap Rikang, yang berpesan kepada awak Teras untuk selalu berani mencoba hal baru dan terus belajar. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here