Lions Club Yogyakarta Puspita Mataram Gelar Baksos

0
114

KABAREWISATA.COM – Selama 30 tahun — menjadi bagian dari Perkumpulan Lions Indonesia Multi Distrik 307 Distrik B2 — Lions Club Yogyakarta (LCY) Puspita Mataram gelar baksos Chilhood Cancer (kanker pada anak) dan binaan anak asuh di Royal Darmo Hotel, 28 Desember 2022, dihadiri 32 orang tua anak penderita kanker, 15 orang tua anak asuh serta fellow lions.

Selain itu ada pula pemberian bantuan pengobatan untuk anak penderita kanker warga kota Yogyakarta sekaligus diserahkan bantuan anak asuh yang merupakan joint activity Lions Club Yogyakarta Puspita Mataram dan Lions Club Den Haag 1 Belanda.

Kerjasama telah dimulai pada 2012 dengan Project Officer Lion Titik Priono dan Bendahara Lion Indiah B Priono serta mediator antara Indonesia-Belanda oleh Dantie Koopmans.

Lions Club Yogyakarta Puspita Mataram telah banyak melakukan kegiatan pengabdian masyarakat untuk kemanusiaan dan pelestarian lingkungan hidup dengan tulus, tanpa pamrih, tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras dan status sosial.

Tiap tahun, LCY Puspita Mataram mendapat dana anak asuh dari Belanda sebesar €1.500 dan setiap anak menerima beasiswa sebesar Rp 1,5 juta selama 1 tahun yang diberikan tiap 6 bulan pada Juni dan Desember.

Untuk anak asuh angkatan pertama sudah berjalan tahun ke-10 di tahun 2022. Dilanjutkan dengan penambahan anak asuh sebanyak 10 anak pada 2016 yang sudah berjalan selama 6 tahun.

Dengan motto “Kami Mengabdi – We Serve”, Lions Club Yogyakarta Puspita Mataram mengadakan rangkaian acara Anniversary Lions Club Yogyakarta Puspita Mataram ke-30. “Puncaknya akan diadakan di Teras Malioboro Yogyakarta,” terang Dwi Haroyah, Presiden LCY Puspita Mataram, didampingi BRAy Iriani Pramastuti (Humas), Rabu (28/12/2022).

Dari kita untuk masyarakat Yogyakarta, bekerjasama dengan UPT Malioboro, Lions Club Yogyakarta Puspita Mataram mengadakan bakti sosial 5 pilar Lions Club Internasional: diabetes, enviroment, hunger, childhood cancer & vision.

Dari kegiatan 5 pilar, salah satunya adalah kanker anak dan program anak asuh berupa baksos Chilhood Cancer bekerjasama dengan Yayasan Kanker Indonesia. Sebagai konseling adalah dr Pudjo Hagung Widjajanto, PhD, Sp.A(K) dan testimoni disampaikan Raihan Sondakh (11).

Disampaikan Lia Mustafa, Ketua Panitia Ulang Tahun ke-30 LCY Puspita Mataram, puncak acara akan digelar pada 21 Januari 2023 berupa mangayubagyo LCY Puspita Mataram ke-30 dengan potong tumpeng, kembang api/konverti, pembagian doorprize dan hiburan di depan Teras Malioboro 2. “Dengan konsep pesta rakyat,” kata Lia Mustafa, yang menambahkan 4 pilar lainnya akan running dilaksanakan selama Januari 2023.

Presiden LCY Puspita Mataram 2022-2023, Dwi Haroyah, mengatakan, kerjasama LCY Puspita Mataram dengan Lions Club Den Haag 1 Belanda hingga saat ini sudah berjalan selama 10 tahun.

Untuk menghibur anak penderita kanker dan anak asuh, pada kesempatan itu ditampilkan 8 model cilik Silver Modelling asuhan Mufti yang memeragakan karya fashion designer anak-anak Oma Debora.

Diserahkan pula paket goodybag bagi 32 anak penderita kanker dan 15 paket goodybag untuk anak asuh serta uang pembinaan. Juga bantuan pangan (releiving the hunger) sejumlah 47 paket sembako dan 47 paket beras untuk para orang tua.

Bakti Sosial Childhood Cancer mengadakan konseling untuk 30 orang tua anak penderita kanker dan pemberian bantuan pengobatan untuk anak penderita kanker warga Kota Yogyakarta.

Bakti Sosial Vision berupa operasi katarak bagi 30 orang meliputi kusir andong, pengemudi becak, PKL, buruh gendong dan tukang parkir sekitar Malioboro. Screening penderita katarak diadakan 7 Januari 2023 di RSUP Dr Sardjito Yogyakarta. Sedangkan operasi pada 14 dan 21 Januari 2023 di RSUP Dr Sardjito Yogyakarta

Bakti Sosial Hunger adalah memberikan bantuan uang pembelian makanan bergizi untuk anak-anak stunting di Kemantren Gedongtengen, Danurejan, Gondomanan dan Tegalrejo bagi 400 anak, yang digelar 21 Januari 2023 sore di Teras Malioboro Barat.

Pemberian surjan dan blangkon untuk 150 orang kusir andong dan kaos untuk 150 orang pengemudi becak. Selain itu juga membagikan makanan/angkringan untuk masyarakat sekitar.

Bakti Sosial Environment berupa pengadaan tempat sampah 3 in 1 dan wastafel di lingkungan Teras Malioboro. Pembuatan dimulai 28 Desember 2022 dan penyerahan bantuan 6 unit tempat sampah 3 in 1 dan 6 unit branding wastafel pada 21 Januari 2022.

Bakti Sosial Diabetes adalah mengadakan pemeriksaan gula darah gratis untuk 200 orang dan senam sehat diabet dengan target peserta senam 500 orang pada 21 Januari 2023 sore di Teras Malioboro Barat. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here