Laguna Depok Jogja Tarik Minat Turis Asing Dengan Gelaran Internasional Kitesurfing Exhibition

0
51
Ketua Penyelenggara International Kitesurfing Exhibition 2023 Ir. Arif Effendi di Hotel Royal Malioboro, Kamis (24/8/2023) - (Foto : Rahmad Soemardi)

KABAREWISATA.COM – Laguna Pantai Depok Jogja yang selama ini dikenal sebagai destinasi wisata dengan pemandangan tenang dan memukau, telah berubah menjadi panggung ekstrem yang menantang. International Kitesurfing Exhibition 2023 yang akan diadakan pada tanggal 26 – 27 Agustus 2023 telah mengundang perhatian para atlet kitesurfing dari Rusia, Belanda, Lithuania dan Inggris untuk menunjukkan keterampilan mereka dalam menguasai papan selancar sambil ditarik oleh layang layang parasut.

Kehadiran mereka di Laguna Depok bukan sebagai pesaing, tetapi sebagai pionir dalam menguji apakah kawasan ini memenuhi kriteria sebagai salah satu tujuan pariwisata bahari sport tourism di Pulau Jawa.

Laguna Depok dan Pantai Parangtitis, menawarkan kombinasi yang sempurna antara angin kencang dan ombak yang pas, menciptakan medan bermain yang menarik bagi para peserta International Kitesurfing Exhibition dari wisatawan mancanegara dan nusantara.

Ketua Jogja Kitesurfing Club Indonesia, Ir. Arif Effendi yang merupakan arsitek di balik penyelenggaraan International Kitesurfing Exhibition 2023, dalam wawancara eksklusif di Sky Lounge Royal Malioboro Hotel pada tanggal 24 Agustus 2023 mengungkapkan misinya.

“Acara ini menjadi peluang bagi penggemar olahraga ekstrim Kitesurfing dari luar negeri untuk membuktikan bahwa Laguna Depok pantas menjadi destinasi unggulan khususnya dalam hal sport tourism ekstrim di Jawa,” ungkap Arif.

“Kami ingin memperkenalkan olahraga air ini kepada masyarakat asing sebagai sesuatu yang eksklusif, sambil menggali potensi Laguna Pantai Depok dan pantai Yogyakarta sebagai surga bagi para kitesurfer dan ini adalah daya tarik baru yang kami tawarkan, yang diharapkan dapat memperpanjang durasi kunjungan wisatawan asing dan domestik,” tambahnya.

Sebagai Wakil Ketua Umum Kadin DIY Bidang Pariwisata, Arif melihat potensi besar dalam kegiatan kitesurfing di Laguna Depok. Selain berdampak pada perekonomian pariwisata lokal, ia juga percaya bahwa kitesurfing memiliki potensi menjadi prestasi olahraga di Indonesia.

Namun, Internasional Kitesurfing Exhibition 2023 tidak hanya mempengaruhi para atlet dan penonton semata. Dampaknya juga terasa di sektor pariwisata setempat, dengan berbagai industri mendukung acara ini. Selain itu acara tersebut diramaikan juga dengan Jogja Kitesurfing Photo Competition yang menawarkan total hadiah senilai 6 Juta rupiah dan terbuka untuk partisipasi masyarakat umum.

Tak dapat dipungkiri, Laguna Pantai Depok Jogja telah menjadi pusat petualangan yang menarik. Dari ketenangan yang memukau hingga kegembiraan yang penuh adrenalin, tempat ini telah berubah menjadi tempat yang mencerminkan semangat keberanian dan semangat olahraga ekstrim.

Dengan International Kitesurfing Exhibition 2023 sebagai tonggaknya, Laguna Depok Jogja kini berdiri sebagai pusat kegiatan ekstrim yang mengundang dunia untuk menyaksikan dan berpartisipasi dalam pertunjukan aksi air yang spektakuler. (soe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here