Kutai Kartanegara Travel Road Show di Yogyakarta

0
45

KABAREWISATA.COM – Kepala Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara (Kukar), H. Slamet Hadiraharjo, S.Hut., MM, pada 11 Agustus 2023 di sela-sela acara “Kutai Kartanegara Travel Road Show” di Royal Darmo Malioboro Hotel Yogyakarta yang mengundang pelaku pariwisata DIY dan Jateng, perkenalkan paket-paket wisata dan destinasi pariwisata.

Berharap pula kepada buyer untuk membantu menjualkan paket wisata di Kutai Kartanegara khususnya dan Kalimantan Timur pada umumnya.

Paling tidak, kata Slamet Hadiraharjo, bisa komunikasi dengan ASITA untuk menggerakkan lebih cepat travel roadshow. “Makanya Kutai Kartanegara diharapkan bisa bersinergi dengan DIY untuk masalah pariwisata,” terangnya.

Selain itu digelar pula Eroh Bebaya #5 tahun 2023 di Yogyakarta. Hal itu dalam rangka melestarikan budaya Kutai Kartanegara bersama Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara bekerjasama dengan Ikatan Pelajar/Mahasiswa yang ada di Yogyakarta.

Kali ini, Festival Eroh Bebaya yang berlangsung pada 12 Agustus 2023 di Museum Benteng Vredeburg mengangkat tema Festival Benua Kutai.

Eroh Bebaya ini event pertunjukan seni. Ada pameran dan permainan tradisional begasing. Juga sebagai bentuk rasa kangen teman-teman mahasiswa Kukar terhadap kampung halaman.

Antusiasmenya terhadap Eroh Bebaya ke-5 ini juga sekaligus bisa mempromosikan Kabupaten Kutai Kartanegara di Yogyakarta. Apalagi beberapa pihak yang terlibat juga tak hanya berasal dari Kalimantan.

“Harapan kami, adanya event tersebut di Yogyakarta bisa menambah wisatawan, supaya homestay atau hotel-hotel terisi, kemudian efek dominonya juga bagi pelaku UMKM yang bekerja dan pelaku seni, baik lokal maupun ibukota,” kata Slamet Hadiraharjo.

Dalam Kalender Event 2023, ada sejumlah event besar yang diselenggarakan. Di antaranya peringatan peristiwa Merah Putih, Kukar Ceria Fest, Festival Ogoh-ogoh, Pesta Laut Pesisir, Milenial Hijrah Festival, Kukar Land Festival, Festival Budaya Kutai Adat Lawas, Sebulu Festival.

Dalam waktu dekat menuju akhir tahun, Pemkab Kukar melalui Dispar Kukar telah mempersiapkan sejumlah acara untuk digelar, yaitu Etam Fest, TIFAF, Erau Sabintulung, Festival Danau Semayang, Festival Kota Raja, Erau Adat Kutai, Tenggarong Kutai Carnival.

Kemudian Festival Tiga Danau, Wonderfull Kukar, Festival Topeng Nusantara, Blusukan Alam Kukar (Blukar), Anugerah Destinasi IDAMAN 2023, Haul Akbar Habib Tunggang Parangan, Loa Kulu Mengingat dan Festival Budaya Akhir Tahun.

“Sebagian sudah berjalan, ada yang masih dalam progres dan sedang dipersiapkan juga untuk kita laksanakan,” kata Slamet Hadiraharjo. (*/Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here