Kemeriahan Sport Tourism Tour de Kotabaru #3 Yogyakarta

0
16
Kemeriahan Sport Tourism Tour de Kotabaru #3 Yogyakarta - (dok.Humas Pemkot Yogyakarta)

KABAREWISATA.COM – Sebanyak 500 pelari ikut meramaikan Fun Run Tour de Kotabaru #3 pada Minggu pagi, 25 Februari 2024 dengan menempuh jarak sejauh 5 kilometer, melewati rute Kawasan Cagar Budaya Kotabaru dan Sumbu Filosofi dengan titik start dan finish di halaman Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo menyampaikan, kegiatan sport tourism menjadi salah satu cara untuk memperkenalkan destinasi wisata unggulan di Kota Yogyakarta.

Hal ini supaya pariwisata Kota Yogyakarta dapat semakin diminati dan dikunjungi sehingga bisa mengungkit perekonomian masyarakat.

“Fun run dengan rute melewati kawasan Kotabaru dan Sumbu Filosofi menawarkan pengalaman yang asik, cantik dan menarik. Karena olahraga lari saat ini sudah menjadi tren gaya hidup yang banyak diminati,” ujarnya.

“Peserta yang mengikuti juga beragam, ada komunitas, perorangan juga masyarakat yang baru pertama kali mencoba, maka ini menjadi cara untuk memperkenalkan destinasi wisata Kota Yogyakarta juga ajang promosi untuk menarik wisatawan berkunjung,” imbuhnya.

Menurutnya, kawasan Kotabaru penuh dengan narasi yang bisa menambah daya tarik wisata Kota Yogyakarta. Mulai dari sisi arsitektur, tata kota, juga sejarah yang dimiliki sehingga sangat menarik untuk diulik, salah satunya melalui even sport tourism.

“Even sport tourism tidak hanya bertujuan mendatangkan crowd saja tapi juga ekonomi yang meningkat. Karena ini bagian dari mewujudkan dan menjaga pariwisata berkualitas di Kota Yogyakarta. Sehingga sangat penting selain dari sisi daya tarik, keisapan kita warga Kota Yogyakarta sebagai tuan rumah yang baik juga harus dijaga,” jelasnya.

Singgih mengungkapkan, Kota Yogyakarta yang sudah menjadi destinasi wisata terkemuka di Indonesia harus dijaga bersama masyarakat, untuk memberikan pelayanan, kesan dan pengalaman yang baik kepada wisatawan.

“Wisatawan itu kan butuh kuliner, oleh-oleh, informasi, pemandu wisata dan hal lain yang membuka peluang ekonomi untuk warga Kota Yogyakarta. Untuk itu mari kita bersama-sama menjadi tuan rumah yang baik, sehingga masa tinggal dan belanja wisatawan juga meningkat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Senada, Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko menjelaskan, Kota Yogyakarta sebagai destinasi pariwisata terkemuka di Indonesia, pada tahun 2023 telah mendatangkan sebanyak 7,5 juta wisatawan dengan rata-rata belanja Rp 2 juta.

“Upaya pemerintah, komunitas juga masyarakat untuk menambah daya tarik wisata Kota Yogyakarta menjadi sangat penting untuk menciptakan pariwisata berkualitas. Supaya lama tinggal dan belanja wisatawan semakin meningkat, salah satunya melalui berbagai even yang ditawarkan seperti sport tourism Tour de Kotabaru yang sudah ketiga kalinya diselenggarakan,” jelasnya.

Wahyu menyampaikan, Fun Run Tour de Kotabaru menjadi even yang mengangkat semua potensi di Kawasan Kotabaru. Dengan melibatkan komunitas dan masyarakat untuk terlibat serta berperan dalam pelaksanaannya.

“Berbagai even seni, budaya juga olahraga akan dilakukan secara berkelanjutan sebagai daya tarik tambahan. Karena pada prinsipnya kita harus merawat apa yang suah ada dan menciptakan daya tarik tambahan. Sehingga di Kota Yogyakarta selalu ada hal yang ditunggu-tunggu wisatawan setiap waktunya,” pungkasnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here