Kembali Gelar Aksi Kemanusiaan Donor Darah Kolaborasi Jogkem, Joxzin Lawas dan PMI Kota Jogja

0
47
PJ Ketua PMI Jogja beserta Sekretaris PMI DIY dalam acara donor darah bersama Jogkem Grup dan Joxzin Lawas - (Foto: K. Herman. S)

KABAREWISATA.COM – Aksi Kemanusiaan berupa donor darah massal kembali digelar Minggu, 4 Juni 2023 di Bakpia Jogkem Alkid Jl. Langenastran Lor, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta.

Dirut Jogkem Grup, Arya Ariyanto mengungkapkan, pelaksanaan aksi sosial donor darah di Bakpia Jogkem Alkid karena tempat parkirnya yang nyaman dan berada di pusat kuliner asli Jogja di Alun Alun kidul yang asri dan sejuk sehingga nyaman buat peserta donor, sekaligus bisa shopping kuliner bakpia Jogja, seluruh staf karyawan juga ikut berpartisipasi.

“Selain kegiatan donor yang menjadi kegiatan sosial sebagai partisipasi pelaku usaha, telah pula dilaksanakan pelatihan sabun cuci piring di masjid-masjid wilayah Mantrijeron, kurang lebih 13 masjid,” terang Arya Ariyanto.

Salah satu peserta donor darah, Bagus dari Mantrijeron menyampaikan, donor darah untuk kesehatan pribadi sangat baik, badan lebih enteng, menjaga kesehatan. “Semoga kegiatan ini bisa terus digiatkan,” katanya.

Perwakilan Joxzin Lawas, Erwin Hakim dalam hal ini selaku inisiator kegiatan donor darah untuk aksi kemanusiaan yang ketiga kalinya, target rata rata peserta dari kedua aksi donor.

“Sebelumnya rata rata 36 kantong yang lolos screening untuk bisa berdonor dari ratusan pendaftar yang ada, diharapkan aksi ketiga ini bisa lebih banyak lagi yang lolos,” harap Erwin.

Dalam bincang santai Pj Ketua PMI Kota Yogyakarta Irjen Pol (Purn) Haka Astana Mantika Widya didampingi istri dan sekretaris PMI DIY Arif Noer Hartanto (Inung) memberikan pemahaman terkait aksi sosial donor darah yang digelar hari ini yang melibatkan staf dan kolega kolega PMI Kota Yogyakarta, baik para pelaku usaha, ormas, komunitas, bisa melakukan kerjasama dengan PMI untuk melaksanakan kegiatan donor darah.

Setetes darah bisa membantu nyawa sesama, maka saat diperlukan bagi PMI secara aktif dan terus menerus melaksanakan aksi donor darah guna memenuhi dan menjaga kestabilan kebutuhan darah di masyarakat lewat rumah sakit.

Beberapa edukasi yang perlu disampaikan ke masyarakat saat akan berdonor darah perlu menjaga stamina badannya, cukup istirahat bebas dari obat obatan keras, minuman keras.

“Sehingga saat dilakukan screening HB, tensi darah sesaat bisa memenuhi syarat sebagai pendonor, juga PMI selalu update stok darah yang ada setiap pagi dimana PMI Kota Yogyakarta juga menjadi lokasi favorit permintaan darah dari RS baik di Jogja maupun di luar Jogja, ini dikarenakan kualitas darah yang tersedia sangat layak untuk didonorkan seperti donor darah segar meski sudah tersimpan secara baik dalam beberapa waktu di PMI,” jelas Haka.

Haka menambahkan, kegiatan PMI Kota Yogyakarta di bulan Juni sangat padat dalam melayani pemenuhan darah, meski demikian tetap membuka peluang kolaborasi dengan komunitas apapun yang mau melaksanakan aksi kemanusiaan.

“Hanya jelang Pilpres dan Pileg 2024 hanya satu pesan penting bila ada peserta pesta demokrasi yang akan melaksanakan aksi kemanusiaan berupa donor darah, PMI tetap bisa mengakomodir pelayanan pengambilan darah dengan syarat ketat tidak ada satupun atribut/plakat/brosur dari PMI yang dicantumkan guna menjaga netralitas dari PMI,” pungkas Haka.

Darah berhasil terkumpul dari pendaftar 65, gagal tensi 22, *Terambil 43 –> A : 12, B : 12, O : 15, AB : 4* info dari PMI. (khs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here