Kecelakaan, Anggota AL Bawa Alat Berat Buat Kemanusiaan ke Cianjur

0
99
Ilustrasi kecelakaan (ist)

KABAREWISATA.COM – Pada 22 November 2022 pukul 14.15 WIB terjadi kecelakaan lalu lintas yang melibatkan personel Resimen Bantuan Tempur 1 Mar dalam rangka pendukungan PRCPB Pasmar 1 ke daerah bencana Cianjur.

Pada waktu itu, Koptu Mar Febriyanto sebagai pengemudi opleger saat kejadian. Sedangkan Koptu Mar Heru Tim sebagai operator exavator dibantu Praka Mar Mediyanto (Taban Operator Exavator).

Material militer adalah 1 unit kia kawal Menkav 1 Mar No AL 9307-05, 1 unit trailer Yonzeni No AL 9415-05, 1 unit Exavator Caterpilar No AL 9419-05.

Kronologi singkatnya, pada pukul 05.30 WIB personil dan material bergeser dari Lap. Brigif 1 Mar menuju Mabes AL.

Pada pukul 11.00 WIB, personil dan material berangkat menuju lokasi bencana di daerah Cianjur.

Sekitar pukul 14.00 WIB rombongan kendaraan Foreidjer dan kendaraan opleker yang membawa exavator istirahat di puncak pinus Cikalong Kulon sekitar 30 menit. Dan setelah itu melanjutkan perjalanan ke lokasi bencana.

Sekitar 10 menit kemudian pada pukul 14.10 WIB setelah perjalanan, sopir opleger teriak ke pengemudi bahwa rem kendaraan opleger blong.

Dan kemudian personel yang berada di kendaraan opleger berteriak dengan menggunakan pengeras suara yang ada di mobil foreidjer agar pengendara lain yang berada di depan untuk segera menepi.

Karena jalan yang menurun dan berliku, kemudian exavator terjatuh. Akan tetapi kendaraan opleger tetap saja melaju dengan kencang.

Sekitar 2 km kemudian, pengemudi opleger membanting setir ke kanan lantas menabrak gapura desa dan kemudian berhenti.

TKP kejadian ini berada di kampung Mekar Galih, Kecamatan Cikalong Kulon, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Karena Koptu Mar Febriyanto mengalami luka robek di bagian bibir, memar di dada dan tangan luka sobek, akhirnya dilarikan ke Puskesmas terdekat.

Koptu Mar Heru Tim yang luka sobekan di jari tangan kiri karena pecahan kaca dan dada sesak, juga dilarikan ke Puskesmas terdekat.

Adapun Praka Mar Mediyanto merasakan tulang rusuk sebelah kiri nyeri dan tangan luka sobek karena pecahan kaca.

Untuk exavator mengalami kerusakan akibat terguling. Sedangkan trailer mengalami kerusakan akibat membentur gapura. (*/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here