Karnaval Takbir Jambidan, Tingkatkan Persaudaraan

0
2

KABAREWISATA.COM – Karnaval Takbir Jambidan yang sempat terhenti pada masa pandemi Covid-19, kembali digelar pada Kamis (29/6/2023).

Karnaval takbir dalam rangkaian Idul Adha 1444 H ini telah memasuki edisi ke-27. Karnaval yang digagas Ikatan Remaja Masjid Jambidan ini berhasil membuktikan eksistensi mereka selama lebih dari dua dekade.

Tahun ini, Karnaval Takbir Jambidan diikuti oleh 24 kelompok yang menggemakan takbir sejak keberangkatan mereka dari Lapangan Potorono hingga display di garis akhir Lapangan Jambidan.

Kemeriahan karnaval ini disaksikan lebih dari 6.000 orang penonton secara langsung. Sedangkan yang menyaksikan secara daring lewat kanal YouTube IRM Jambidan berhasil menembus 56.608 penonton.

Peserta yang berpartisipasi ini memperebutkan tropi bergilir Gubernur DIY, tropi Bupati Bantul, tropi Kemenag DIY, tropi Kemenag Bantul, uang pembinaan hingga satu ekor sapi serta tiga ekor kambing.

Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo, yang membuka langsung Karnaval Takbir Jambidan, mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini.

Untuk yang ke-27 kalinya, Karnaval Takbir Jambidan tidak hanya penyelenggaraan lomba biasa. “Tapi juga sanggup meningkatkan persaudaraan,” kata Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo.

Pemerintah Kabupaten Bantul untuk yang ke-27 kalinya mengucapkan selamat dan apresiasi kepada Ikatan Remaja Masjid Jambidan yang telah berhasil menyelenggarakan kegiatan ini.

“Selain jadi bagian semarak Idul Adha, festival ini juga mempererat tali persaudaraan dan silaturahmi,” ujar Joko Purnomo.

Hal senada disampaikan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Bantul, Arba Riksawan Komaru, yang berharap Karnaval Takbir Jambidan ini menjadi ajang untuk mempererat tali silaturahmi masyarakat Kabupaten Bantul.

Adapun yang datang pada malam itu, tidak hanya dari Kapanewon Banguntapan saja. Tapi, dari berbagai penjuru di Kabupaten Bantul. “Itu artinya, karnaval ini juga menjadi tempat menjalin silaturahmi,” jelas Arba Riksawan Komaru.

Di akhir acara, Nurul Muttaqin diumumkan sebagai juara pertama. Disusul oleh Masjid Al-Awwabin di posisi kedua dan Kafilah Kranginan di posisi ketiga. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here