Kampung Pramuka Girisekar Gunungkidul

0
27

KABAREWISATA.COM – Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Srie Nurkyatsiwi, menghadiri peresmian kampung Pramuka Girisekar sekaligus menjadi narasumber SiDilan “SiBakul Jajah Deso Milankori” mengenai materi kewirausahaan di Kalurahan Girisekar, Gunungkidul, Kamis (23/11/2023).

Peresmian Kampung Pramuka ini dalam rangka pengembangan Kampung Pramuka di Daerah Istimewa Yogyakarta dan pameran pengenalan produk wirausaha SiBakul Jogja.

Adapun produk yang dipamerkan tersebut merupakan produk UMKM sekitar binaan SiBakul Jogja berupa jenis produk makanan dan minuman, kerajinan serta fashion.

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka DIY, GKR Mangkubumi, menyampaikan, diresmikannya Kampung Pramuka ini dapat menjadikan Pramuka di kawasan Girisekar dapat berkembang dengan baik.

“Kemudian Pramuka Gunungkidul juga menjadi lebih baik lagi serta mampu mencetak wirausaha dari dari adik-adik Pramuka maupun masyarakat sekitar,” kata GKR Mangkubumi.

Harapannya, masyarakat dapat berkembang maju dengan terus memberikan inovasi. “Manusia timur adalah manusia yang lekat dengan sosial, maka jadilah adik-adik sekalian menjadi manusia sosial yang baik,” papar GKR Mangkubumi.

Tujuan pembentukan Kampung Pramuka berbasis ekonomi ini adalah untuk menumbuhkembangkan dan memperkuat eksistensi Gerakan Pramuka serta mewujudkan peran Pramuka sebagai change maker dan turut serta mewujudkan kesejahteraan masyarakat. (*/Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here