Kalurahan Tamanmartani Sleman Terima Hibah Fasilitas Budaya

0
32

KABAREWISATA.COM – Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, menghadiri prosesi Krepyakan aset budaya berupa Balai Budaya dan sarana prasarana budaya yang berada di Kalurahan Tamanmartani, Kapanewon Kalasan, Kabupaten Sleman, Senin (20/11/2023) sore.

Balai Budaya tersebut diresmikan oleh GKR Hemas kemudian diserahkan kepada Pemerintah Kalurahan Tamanmartani. Selain itu, Pemerintah DIY juga menghibahkan seperangkat gamelan perunggu dan baju pengrawit.

Kustini mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah DIY yang telah memfasilitasi pembangunan Balai Budaya Tamanmartani serta bantuan hibah sarana dan prasarana budaya melalui Dana Keistimewaan DIY.

Menurutnya, ini merupakan bentuk perhatian Pemerintah DIY terhadap pelestarian budaya di Kabupaten Sleman. “Khususnya di kalurahan budaya Tamanmartani,” tandasnya.

Bagi Kustini, bantuan ini tentunya menjadi motivasi bagi Pemerintah Kabupaten Sleman dalam upaya pembangunan dan pelestarian kebudayaan.

Sekretaris Dinas Kebudayaan DIY, Cahyo Widayat, menyampaikan, melalui kegiatan ini diharapkan kalurahan dapat menjadi locus dalam konservasi budaya dan juga agen budaya.

Di samping itu, fasilitasi ini juga ditujukan untuk memberikan stimulan kepada masyarakat untuk melestarikan seni budaya di lingkungannya.

Balai Budaya tersebut terdiri dari bangunan joglo di bagian depan dan ndalem ageng di bagian belakangnya serta gandok atau bangunan pendukung di sisi kanan dan kiri ndalem ageng dan juga pagar. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here