Kalurahan Condongcatur Gelar Musrenbang RKPKal TA 2024

0
45

KABAREWISATA.COM – Pemerintah Kalurahan (Pemkal) Condongcatur, Kapanewon Depok Kabupaten Sleman, melaksanakan Musrenbang Kalurahan Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Kalurahan (RKPKal) Condongcatur Tahun Anggaran 2024 bertempat di Pendopo Kalurahan Condongcatur, Selasa (29/8/2023).

Di depan Panewu Anom, Kepala Jawatan Praja dan Kepala Jawatan Kemakmuran Kapanewon Depok, PMI Depok, BPKal Condongcatur, Lurah beserta Kasi, Kaur dan Staf, Lembaga Kalurahan, Dukuh dan tokoh masyarakat, Ketua Penyelenggara Musrenbangkal Penyusunan RKPKal TA 2023, Riska Dian Nur Lesrari, S.TP, M.Sc, menyampaikan Rencana Kerja Kalurahan Condongcatur.

Pada kesempatan itu, Riska sampaikan lima bidang, yaitu bidang penyelenggaraan pemerintah kalurahan, bidang pelaksanaan pembangunan kalurahan, bidang pembinaan kemasyarakatan, bidang pemberdayaan masyarakat dan bidang penanggulangan bencana, darurat dan mendesak

“Musrenbangkal ini adalah tindaklanjut dari Musduk dan Muskal serta rencana rencana program pembangunan yang telah diverifikasi oleh tim beberapa waktu lalu,” kata Riska.

Tujuan Musrenbangkal untuk mengumpulkan pendapat dan usulan masyarakat kalurahan dalam proses perencanaan pembangunan di tingkat kalurahan dengan melibatkan partisipasi aktif masyarakat.

Untuk memastikan bahwa prioritas pembangunan yang diajukan mencerminkan kebutuhan dan aspirasi nyata masyarakat.

Musrenbangkal juga bertujuan untuk menyusun rencana pembangunan kalurahan yang lebih akurat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Panewu Anom Kapanewon Depok, Wawan Hariawan, menyampaikan hal-hal yang menjadi titik berat dalam mengakselerasikan laju pembangunan di Kalurahan Condongcatur. “Untuk bersama-sama mencermati dan dikawal,” kata Wawan.

Salah satu yang perlu mendapatkan perhatian secara khusus adalah agenda di tahun 2024. Kapanewon Depok mengajukan atau menunjuk Kalurahan Condongcatur menjadi tempat Evaluasi Kalurahan Inovatif, yang kemungkinan akan digabung dengan evaluasi Epdeskel dengan efisiensi.

“Mohon ini dapat terkawal dengan baik di dalam dokumen RKP ini,” harap Wawan, menambahkan Musrenbangkal akan menghasilkan output perkal RKPKal dan penjabaran APBKal TA 2024.

Diharapkan Musrenbangkal ini menjadi satu tahapan penting, yang benar-benar pendukung penyelenggaran pembangunan di Kalurahan Condongcatur. “Menjadikan Condongcatur semakin maju, semakin sukses dan semakin berjaya,” ungkap Panewu Anom Kapanewon Depok Wawan Hariawan.

Lurah Condongcatur, Reno Candra Sangaji, S.IP, M.IP, menyampaikan, di tahun 2023 ini adanya beberapa rasionalisasi untuk berhemat. “Sehingga anggaran yang tersedia dapat untuk penyelenggaraan kegiatan semuanya,” kata Reno.

Menurut Reno, Musrenbangkal adalah kegiatan rutin tahunan. “Dan setiap tahun kita semakin dapat belajar dan dapat mengambil peluang yang ada untuk Condongcatur yang lebih hebat,” kata Reno.

Sumber dana Pemerintah Kalurahan Condongcatur dalam melaksanakan program kerja bersumber dari PUPM, ADD, DD, SILPA, BKK (Reguler dan Danais), PBH atau bagi hasil pajak.

Untuk tahun 2023, Condongcatur akan banyak mendapatkan BKK reguler atas bantuan dan kerjasama dengan anggota dewan melalui POKIR (Pokok Pikiran).

Ketua BPKal Condongcatur, Sunarto, S.Sos, menjelaskan, pelaksanaan Musrenbangkal RKPKal TA 2023 sudah sesuai dengan tahapan yang dilalui sebelumnya.

Sesuai peraturan siklus tahunan kalurahan harus dilaksanakan sesuai jadwal dan tahapan yang telah ditentukan, yaitu pada bulan Agustus 2023 RKPKal dapat disusun.

Harapanya, pada bulan September 2023 rancangan disetujui sehingga pada bulan Desember APBKal Condongcatur TA 2024 dapat ditetapkan bersama BPKal sesuai tupoksinya bersama pemerintah kalurahan menetapkan peraturan kalurahan tentang APBKal TA 2024

Musrembangkal Condongcatur Penyusunan RKPKal T.A 2024 menyepakati Rencana Kerja Pemerintah Kalurahan Condongcatur Tahun 2024 yang dituangkan dalam Berita Acara penyusunan Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Kalurahan (RKPKal) Condongcatur TA 2024.

Meliputi bidang penyelenggaraan pemerintah kalurahan, bidang pelaksanaan pembangunan kalurahan, bidang pembinaan masyarakat kalurahan, bidang pemberdayaan masyarakat kalurahan dan bidang penanggulangan bencana, darurat dan mendesak kalurahan.

Berita Acara ditandatangani Lurah Condongcatur dan Ketua BPKal Condongcatur disaksikan Marijo, S.Pd (BPKal), Nuryanto, S.Pd (Pamong), Suprihadi, SE (LPMKal), Kuwat, S.Pd, ST (tokoh masyarakat), Sri Wahyuni (wakil perempuan), Taradiva Lintang (Karangtaruna) dan Dewi Nurlaila, S.Pd.PAUD (PKK). (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here