Kaisar Jepang Naruhito Kunjungi Candi Borobudur

0
18

KABAREWISATA.COM – Yang Mulia Kaisar Jepang, Naruhito, mengunjungi warisan cagar budaya Candi Borobudur, Kamis (22/6/2023). Hal tersebut sebagai nostalgia memori kunjungan ayahandanya di masa lampau.

Kedatangan Kaisar Naruhito ke Candi Borobudur merupakan rangkaian kegiatan Kaisar ketika melakukan lawatan ke Indonesia untuk memenuhi undangan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Kunjungan Kaisar Naruhito ini merupakan nostalgia memori kunjungan masa lampau ayahandanya, Kaisar Akihito, yang pernah berkunjung ke Candi Borobudur pada tahun 1991.

PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney dan anak usahanya PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) memberikan dukungan dan pelayanan terbaik dalam setiap kunjungan kenegaraan di komplek Candi Borobudur.

Sebagai pengelola destinasi wisata Candi Borobudur, PT TWC memastikan keamanan dan kenyamanan dengan penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang baik.

Kaisar Naruhito yang tiba di pelataran Candi Borobudur pukul 08.00 WIB disambut dengan hangat oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko Febrina Intan dan Kepala Unit Borobudur, Mendut dan Pawon UPT Museum dan Cagar Budaya Wiwit Kasiyati.

Didampingi pemandu Mura Aristina, Kaisar Naruhito mengunjungi Candi Borobudur, menyusuri lorong 1 lantai 3 Candi Borobudur, dengan story telling berupa deretan kisah relief Lalitavistara yang terpahat pada dinding candi.

Kaisar Naruhito juga mengunjungi Stupa Buddha terbuka pada lantai 8 dan 9. Kaisar Naruhito yang memiliki riwayat pendidikan dan memperoleh gelar di bidang sejarah, begitu antusias mendengarkan penjelasan dari pemandu Mura Aristina.

Selama 40 menit mengitari Candi Borobudur, Kaisar Naruhito kemudian bertolak meninggalkan kawasan Candi Borobudur.

Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC), Febrina Intan, mengatakan, pihaknya melakukan berbagai persiapan guna memberikan layanan terbaik bagi kunjungan Kaisar Naruhito.

“Sejak awal kami berkoordinasi secara intens dengan Kedubes Jepang, mengawal setiap proses persiapan hingga pelaksanaan kunjungan,” kata Febrina Intan.

Kali ini atas nama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC), Febrina Intan ucapkan terimakasih kepada jajaran TNI Polri serta para stakeholders atas kerjasama baiknya. “Sehingga layanan kunjungan Kaisar Jepang ke Candi Borobudur dapat terlaksana dengan baik,” katanya.

Mengingat ini adalah kunjungan tamu kenegaraan, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) berupaya memberikan excellent service kepada Kaisar Jepang dari berbagai aspek.

Sehubungan dengan kunjungan Kaisar Jepang ke Candi Borobudur, PT TWC melakukan penyesuaian jam operasional layanan kunjungan wisatawan reguler ke destinasi Taman Wisata Candi Borobudur pada 22 Juni 2023. PT TWC menutup kunjungan wisatawan mulai pukul 06.00 – 10.00 WIB.

Ini menjadi momen yang sangat baik untuk Indonesia, khususnya pariwisata Jawa Tengah dengan magnet utama Candi Borobudur.

Kaisar Jepang sangat respect terhadap Candi Borobudur. Beliau mengikuti setiap ketentuan kunjungan sesuai dengan yang berlaku di destinasi Candi Borobudur, seperti menggunakan alas kaki khusus (Upanat), pendampingan pemandu dan sebagainya. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here