KADIN Kabupaten Bantul Kolaborasi dengan GATENSI

0
39

KABAREWISATA.COM – Dalam rangka tetap mempertahankan keberadaan bisnis dan wirausaha, KADIN Kabupaten Bantul membuka banyak kesempatan untuk bekerjasama dan berkolaborasi positif agar segala lini bisnis tetap baik.

“Kami bekerja sama dengan Gatensi atau Gabungan Tenaga Ahli Konstruksi DIY, yang setiap hari membuka uji kompetensi profesi,” kata Ibnu Kadarmanto, ST, MT, Ketua Kadin Bantul, saat Rakertas Kadin Bantul, Rabu (25/1/2023 ) di Kopi Ingkar Janji.

Menurut Ibnu, saat banyak tantangan bisnis dan usaha harus bertahan di era yang semakin sulit ini, kolaborasi menjadi pilihan dan harus dilakukan.

Perguruan Tinggi di Bantul harus mau turun tangan untuk melakukan kajian dan riset, bagaimana usaha makin berkembang berdasar kajian ilmiah.

“Kita bersyukur di Bantul ada kebijakan khusus bagaimana pengembangan ekonomi kreatif, setidaknya ada KEK sebagai acuan pelaksanaan program,” kata Ibnu.

Erwin Yuniarti, SH, MM, Wakil Ketua Bidang Investasi, menilai, kawasan Bantul sangat layak dan sangat menarik untuk dijadikan investasi. “Khususnya perhotelan,” tandasnya.

Kawasan wisata di Bantul, berkembangnya sangat menarik dan sangat mendukung keberadaan UMKM. “Khususnya di industri kreatif,” terang Erwin Yuniarti, yang menambahkan lewat banyak tawaran kreatif, investor sangat dinantikan, tidak ada resesi.

Disampaikan Bobby Ardianto SA, Wakil Ketua Bidang Pariwisata dan Perhotelan, Pemerintah Kabupaten Bantul perlu membuka banyak kemudahan untuk para calon investor. “Khususnya yang bergerak di bidang kepariwisataan,” harapnya.

Pada bagian lain, Jana, ST, MM, Wakil Ketua Kadin Bantul Bidang Pertanian dan Perkebunan mendukung banyaknya kemudahan dalam rintisan keberadaan pertanian modern.

“Agar banyak anak muda tertarik dalam pertanian modern sangat mungkin digalakkan adanya petani modern yang dapat menghasilkan produksi pertanian dan perkebunan,” kata Jana.

Jana yang juga memiliki bisnis kelistrikan juga mengadakan kerjasama dengan APEI DIY melakukan uji kompetensi kelistrikan.

“Silakan datang ke kantor Kadin Bantul untuk berkolaborasi agar semua profesi lebih berkualitas dan profesional sehingga dapat menjadikan semua bisnis dipenuhi tenaga yang ahli dan selalu memberi pencerahan,” kata Jana.

Dalam Rakertas Kadin Bantul juga disepakati akan banyak peluang kerjasama dengan dinas-dinas di lingkungan Pemkab Bantul agar lebih memudahkan program pemerintah kepada pengusaha di Bantul. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here