Jambore Pemuda Daerah Kota Yogyakarta Tahun 2022

0
269

KABAREWISATA.COM – Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda  (OKP) merupakan satu wadah generasi muda dalam berekspresi dan menempa diri untuk tangguh dalam menghadapi permasalahan-permasalahan bangsa di masa kini dan mendatang.

Selain itu, OKP ini juga menjadi tempat untuk mewujudkan rasa peduli terhadap sesama dan lingkungan serta menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air.

Pemuda sebagai unsur utama organisasi kepemudaan menjadi garda terdepan dalam upaya pembangunan negara. Dengan semangat muda dan kerja keras, pemuda layak menjadi agen perubahan di dalam masyarakat.

Pemuda harus bersatu-padu dan bekerja keras agar dapat melakukan perubahan besar. Pemuda selayaknya menjadi pelopor kemajuan daerah melalui kegiatan-kegiatan positif.

Berawal dari hal tersebut, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta memprakarsai sebuah kegiatan yang dapat memantik Pemuda Kota Yogyakarta untuk mulai berperan dan berdampak di dalam masyarakat melalui kegiatan Jambore Pemuda Daerah Kota Yogyakarta 2022, menguatkan kolaborasi antar pemuda-pemudi perwakilan 14 kemantren dan OKP Kota Yogyakarta.

Kegiatan Jambore Pemuda Daerah ini merupakan jenjang awal dari seleksi jambore di tingkat provinsi hingga tingkat nasional.

Disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kota Yogyakarta, Budi Santosa Asrori, SE, M.Si, Jambore Pemuda Daerah Kota Yogyakarta Tahun 2022 bertemakan “Pemuda Kota Yogyakarta Greget Pulih Sulih Luwih”.

Tema tersebut mempunyai makna, pemuda Kota Yogyakarta harus mulai bangkit kembali dan berperan aktif dalam masyarakat setelah 2 tahun diterpa pandemi Covid-19.

Pemuda Kota Yogyakarta diharapkan bisa memanifestasikan semangat untuk pulih, sulih, dan luwih. Pulih berarti sembuh dari keadaan pandemi Covid-19, sulih berarti dapat beradaptasi dengan kondisi new normal setelah pandemi Covid-19, dan luwih berarti melakukan pengembangan kapasitas diri.

“Dengan adanya greget dari pemuda Kota Yogyakarta untuk pulih, sulih dan luwih, diharapkan pemuda Kota Yogyakarta dapat kembali berperan dan memberikan dampak dalam masyarakat dan dapat menyumbang indikator penilaian Indeks Pembangunan Pemuda yang selama periode 2015-2018, Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki pencapaian IPP tertinggi di Indonesia,” terang Penjabat Walikota Yogyakarta Sumadi, SH, MH.

Materi yang disampaikan dalam Jambore Pemuda Daerah Kota Yogyakarta Tahun 2022 memuat 4 pilar, yaitu seni, budaya, sosial, dan kepemudaan.

Dalam setiap mata kegiatan 4 pilar tersebut menjadi inti kegiatan sehingga pilar-pilar tersebut dapat terinternalisasi ke dalam peserta Jambore Pemuda Daerah.

Jambore Pemuda Daerah Kota Yogyakarta Tahun 2022 dilaksanakan dalam dua bentuk, yaitu indoor learning dan outdoor activities. Indoor learning dilaksanakan dalam bentuk ceramah dan diskusi bersama narasumber. Sedangkan outdoor activities dilaksanakan dalam bentuk outbond dan field trip.

Jambore Pemuda Daerah Kota Yogyakarta Tahun 2022 diadakan pada 23-25 September 2022 di Wisma Sargede, Jl. Pramuka Kav 5F UH Yogyakarta dengan jumlah peserta 50 orang berasal dari berbagai organisasi kepemudaan di Kota Yogyakarta dan perwakilan kemantren di Yogyakarta.

Materi yang disampaikan antara lain selayang pandang PPMI (Purna Prakarya Muda Indonesia) dan alumnus Jambore Pemuda Daerah tahun sebelumnya dipandu Agvioni Arti Setya Pratama selaku panitia pelaksana, outbond lapangan oleh Endra Karna Dijaya (PPMI Kota Yogyakarta), olahraga pagi senam, kegiatan lapangan, kunjungan wisata dan budaya di RKB Kadipaten, review kunjungan wIsata dipandu Ajeng Anggin Putri H (PPMI Kota Yogyakarta), pentas seni.

Materi “Sinergi Pemuda dengan Pemerintah Kota Yogyakarta” disampaikan Ir Aman Yuriadijaya (Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta), review kegiatan dan pengumuman pemenang oleh Arief Riyadi Hanung Hardoyo (PPMI Kota Yogyakarta. (K. Herman S.)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here