Jadikan TMMD sebagai Dedikasi Terbaik Membangun NKRI

0
8

KABAREWISATA.COM – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan kegiatan program yang bersifat budi mulia dari Pemerintah Kota Yogyakarta yang didelegasikan kepada Kodim 0734/Kota Yogyakarta.

Sebagai wujud sinergitas antara TNI dengan Pemerintah Daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mempercepat pembangunan ekonomi kerakyatan yang berkesinambungan. TMMD juga bertujuan mempererat kemanunggalan TNI dan rakyat.

Seperti yang dibacakan Dandim 0734/Kota Yogyakarta, Kolonel Inf Arif Harianto, saat menjadi Inspektur Upacara Penutupan TMMD Sengkuyung Tahap lll Kodim 0734/Kota Yogyakarta TA 2022 yang diselenggarakan di Lapangan Balaikota Yogyakarta, Rabu (9/11/2022), kegiatan TMMD yang telah dilaksanakan selama 30 hari sejak 11 Oktober 2022 sasaran kegiatan di dua tempat: Kelurahan Gunungketur Purwokinanti Kemantren Pakualaman dan Kelurahan Tegalrejo Kemantren Tegalrejo Kota Yogyakarta.

Dalam penentuan sasaran TMMD, tentunya mengedepankan keinginan warga dalam cita-citanya supaya maju daerahnya.

Sesuai dengan motto dedikasi terbaik membangun NKRI memang sangat tepat dalam pelaksanaan TMMD yang dilaksanakan oleh TNI ini. Pengabdian yang selalu mengutamakan rakyat di atas segala-galanya.

Sasaran TMMD ini mencakup kegiatan fisik berupa pembangunan talud sepanjang 15 meter dengan tinggi 3 meter yang berada di wilayah Sudagaran Tegalrejo, rehab 1 unit Posyandu, pembuatan 1 unit MCK serta RTLH sebanyak 10 unit di wilayah Pakualaman.

Selain sasaran fisik, selama pelaksanaan TMMD juga dilaksanakan kegiatan nonfisik meliputi sosialisasi tentang Kamtibmas dan Pekat dari Polresta Yogyakarta.

“Juga sosialisasi tentang stunting dan perilaku hidup sehat dari Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta serta sosialisasi bela negara dan Wasbang dari Kodim 0734/Kota Yogyakarta,” jelas Kolonel Inf Arif Harianto.

Dalam pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap lll TA 2022, Kodim 0734/Kota Yogyakarta melibatkan personel dari Kodim 0734/Kota Yogyakarta 70 orang, Lanal Yogyakarta 5 orang, Polresta Yogyakarta 5 orang, tenaga kesehatan 2 orang. Total ada 82 orang ditambah unsur masyarakat 30 orang dan Menwa 10 orang.

Keharmonisan, kebersamaan dan kemanunggalan TNI dengan rakyat yang telah menjadi salah satu pilar untuk tetap tegaknya NKRI merupakan kekuatan yang sangat dahsyat.

“Hal itu untuk mengatasi berbagai masalah bangsa seperti kemiskinan, penggangguran, pembangunan SDM dan lain-lain,” jelas Kolonel Inf Arif Harianto.

Kepada seluruh personel Kodim 0734/Kota Yogyakarta dan segenap komponen masyarakat yang telah membantu terlaksananya kegiatan TMMD ini diucapkan terima kasih. “Baik dalam dukungan pemikiran, tenaga, bahkan biaya dalam menyengkuyung sehingga kegiatan ini dapat terselesaikan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan,” kata Dandim 0734/Kota Yogyakarta.

Dalam upacara tersebut juga dilaksanakan penyerahan alat kerja secara simbolis dari perwakilan TNI, Polri dan Linmas kepada Dandim 0734/Kota Yogyakarta selaku Inspektur Upacara dilanjutkan dengan penandatanganan naskah serah terima hasil kegiatan fisik TMMD Sengkuyung Tahap III TA 2022 oleh Dandim 0734/Kota Yogyakarta dan Pj. Walikota Yogyakarta Sumadi, SH, MH disaksikan Forkopimda Kota Yogyakarta.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Kapolresta Yogyakarta, Korem 072/Pmk, Kejari Kota Yogyakarta, Pengadilan Negeri Yogyakarta, Fokopimka Kemantren Pakualaman dan Tegalrejo serta para Danramil. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here