Intip Keajaiban Alam Tujuh Gunung, Ketep Pass Jadi Andalan Wisata Kabupaten Magelang Jawa Tengah

0
21
Ketep Pass Destinasi Wisata Andalan Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang Propinsi Jawa Tengah (Rizky MPS)

KABAREWISATA.COM – Salah satu daya tarik bagi para wisatawan yang ingin berwisata, berkunjung dan menikmati sebuah tempat tujuan wisata di suatu daerah adalah adanya pemandangan yang menyajikan unsur keindahan, keelokan dan keajaiban alamnya.

Ketep Pass, destinasi wisata yang berada di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah ini bisa menjadi andalan para wisatawan berkunjung menikmatinya karena memiliki wahana wisata untuk dapat menyaksikan keajaiban dan keelokan Tujuh gunung yang mengelilinginnya diantaranya Gunung Merbabu, Merapi, Sindoro, Sumbing, Prau, Telomoyo, Andong, serta Gunung Tidar.

Destinasi Wisata andalan Kabupaten Magelang Jawa Tengah yang berdirii sejak tahun 2002 ini sudah mengalami banyak sekali perubahan dan perkembangan sehingga menjadi salah satu destinasi wisata yang paling ramai di Kabupaten Magelang.

“Rata-rata pengunjung Ketep Pass saat ini bisa lebih dari 3.000 orang per hari saat weekend dan 1.000-1.500 orang per hari saat weekday dan bahkan pernah saat hari raya idul fitri, pengunjung mencapai sekitar 7.000 orang,” ungkap Anuswari, pengelola wisata jeep di Ketep Pass saat ditemui pada Minggu (09/07/2023).

Yanti, satu dari wisatawan asal Jakarta yang menyempatkan waktunya berwisata ke Ketep Pass mengungkapkan bahwa dirinya mengetahui destinasi wisata tersebut melalui sosial media yaitu instagram.

“Saya tahu Ketep Pass lihat dari instagram, pemandangan alamnya ternyata luar biasa indah, sayangnya hari ini agak berkabut tapi bagus dan disini juga ada menara pandang yang bisa melihat view dari atas sini” ujar Yanti.

Sebagai destinasi wisata andalan Kabupaten Magelang Ketep Pass saat ini juga memiliki beberapa wahana wisata menarik lainnya yaitu Menara Langit yang merupakan gardu pandang yang menunjukan tujuh gunung dalam 360 derajat, yaitu Gunung Merbabu, Merapi, Sindoro, Sumbing, Gunung Prau, Telomoyo, Andong, serta terlihat Gunung Tidar. Pengunjung dilengkapi dengan teropong ketika memasuki wahana ini supaya bisa mengamati pemandangan sekitar dengan lebih jelas.

Ketep Volcano Centre, tempat ini merupakan museum vulkanologi yang berisi informasi lengkap seputar Gunung Merapi. Mulai dari foto Merapi dari waktu ke waktu, miniatur Merapi, batuan-batuan langka, sampai panduan penyelamatan saat terjadi letusan.

Ketep Volcano Theater merupakan tempat untuk memutar film dokumenter tentang sejarah Gunung Merapi. Pengunjung akan mendapatkan informasi mengenai sejarah Gunung Merapi khususnya letusan Gunung Merapi yang terjadi pada tahun 2010.

Paket Wisata Jeep menjadi salah satu hal menarik dari Ketep Pass yang juga banyak diminati wisatawan. Wisata jeep ini memiliki beberapa paket sesuai dengan rute yang ingin dikunjungi. Beberapa paket yang ada seperti short trip, medium trip, long trip, dan sunrise trip.

Ketep Pass juga menyediakan fasilitas untuk berfoto bagi pengunjung. Fasilitas ini memungkinkan pengunjung yang ingin berfoto dengan mengambil gambar secara berputar 360 derajat, serta Warung Kopi Ketep Pass yang terletak dii bagian bawah dengan sajian minuman kopi dan kulinernya sehingga pengunjung dapat menikmatinya sembari melihat pemandangan dari atas Ketep Pass.

Sebagai informasi bagi masyarakat luas yang ingin berwisata bahwa harga tiket di lokasi wisata Ketep Pass ini cukup terjangkau, dengan hanya membayar Rp. 10.500 di hari biasa dan Rp. 12.500 di hari libur atau Minggu, Rp. 9.000 untuk Bioskop dan Menara Langit. Sedangkan tarif parkir Sepeda Motor Rp. 3.000, Mobil Rp. 5.000 dan Bus Roda 6, Rp. 20.000. (Soe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here