Inggar Ratna Kusuma Raih Gelar Doktor di UI Jakarta

0
9
Inggar Ratna Kusuma, berhasil meraih gelar doktor dari Fakultas Kesehatan Masyarakat, Program Studi Doktoral Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (UI). (Foto: Istimewa)

KABAREWISATA.COM – Dosen Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Inggar Ratna Kusuma, berhasil meraih gelar doktor dari Fakultas Kesehatan Masyarakat, Program Studi Doktoral Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (UI).

Disertasi yang diangkat berjudul “Pengaruh Kualitas Konseling Pelayanan Keluarga Berencana Pascapersalinan (KBPP) oleh Bidan terhadap Intensi dan Penggunaan Kontrasepsi Modern” memperoleh apresiasi tinggi dari tim penguji.

Dalam disertasinya, Inggar Ratna Kusuma mengupas tuntas peran bidan dalam memberikan konseling pelayanan KB pascapersalinan dan bagaimana kualitas konseling tersebut mempengaruhi keputusan serta intensi para ibu dalam menggunakan kontrasepsi modern.

Penelitian itu relevan dan penting mengingat upaya pengendalian kelahiran dan pengaturan keluarga berencana yang efektif sangat berkontribusi dalam meningkatkan kesehatan ibu dan anak.

Keberhasilan pelayanan KBPP sangat bergantung pada kualitas konseling yang diberikan oleh bidan. “Melalui penelitian ini, saya berharap dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang pentingnya peningkatan kualitas konseling sebagai salah satu cara untuk meningkatkan penggunaan kontrasepsi modern pascapersalinan,” ujar Dr Inggar Ratna Kusuma.

Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UMP, Assoc Prof Dr Ns Umi Solikhah, menyampaikan apresiasi dan kebanggaannya atas prestasi yang dicapai oleh Dr Inggar Ratna Kusuma.

Ia mengaku bangga dengan pencapaian itu. Menurutnya, disertasi Dr Inggar Ratna Kusuma memberikan kontribusi besar bagi pengembangan ilmu kebidanan dan kesehatan masyarakat. “Khususnya dalam pelayanan KB pascapersalinan,” kata Umi Solikhah, Sabtu (6/7/2024).

Diharapkan, hasil penelitian ini dapat diimplementasikan dalam pelayanan kesehatan untuk meningkatkan kesejahteraan ibu dan anak di Indonesia.

Selain mendapatkan pengakuan akademis, hasil penelitian itu diharapkan juga dapat berdampak praktis di lapangan.

Rektor UMP, Assoc Prof Dr Jebul Suroso, turut menyampaikan ucapan selamat dan harapan agar prestasi ini menjadi inspirasi bagi dosen lainnya. “Prestasi ini menunjukkan komitmen UMP dalam mendukung dan menghasilkan penelitian berkualitas yang bermanfaat bagi masyarakat,” kata Jebul Suroso.

Rektor UMP berharap Dr Inggar Ratna Kusuma terus berkarya dan berkontribusi untuk kemajuan dunia kesehatan. “Dengan pencapaian Dr Inggar Ratna Kusuma menambah daftar akademisi berprestasi dari UMP yang berhasil menempuh pendidikan lanjut di universitas terkemuka,” kata Jebul Suroso.

Menurutnya, keberhasilan ini diharapkan dapat memotivasi dosen lainnya untuk terus mengembangkan diri. “Dan berkontribusi melalui penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat luas,” papar Jebul Suroso. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here