Indonesia Drug Free 2024 Melalui Bersepeda

0
15
Mewujudkan Indonesia Bersinar. (Foto: Pemkal Condongcatur)

KABAREWISATA.COM – Bersepeda adalah olahraga yang digemari semua usia: anak muda hingga orang tua. Berkaitan dengan hal tersebut Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY menjalin kerjasama dengan Komunitas Sepeda Antar Lintas Gowes Jogja (ALGOJO).

Seperti disampaikan Arief Darmawan, Kepala Bidang Pemberantasan dan Intelijen BNNP DIY, kegiatan bersepeda diawali dalam rangka memperingati Hari Anti Narkotika Internasional 2024. “Masyarakat bergerak, bersama melawan Narkoba mewujudkan Indonesia Bersinar,” kata Arief Darmawan.

Selain menggandeng Komunitas Antar Lintas Gowes Jogja (ALGOJO), BNNP DIY juga menjalin kerjasama dengan lembaga, instansi di DIY serta masyarakat umum untuk mewujudkan visi BNN RI: Indonesia Drug Free 2024.

“Salah satu misinya untuk meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap ancaman bahaya narkoba, sehat jasmani dan ruhani dalam rangka menyongsong Indonesia Emas 2045, khususnya di wilayah DIY,” jelasnya.

Kepala BNNP DIY, Andi Fairan, SIK, MSM, menyampaikan, salah satu upaya dalam mencegah peredaran narkoba di wilayah DIY melalui kegiatan kampanye P4GN. “Salah satunya melalui olahraga bersepeda,” kata Andi Fairan, Rabu (19/6/2024).

Tujuannya memobilisasi dukungan masyarakat luas untuk ikut prihatin terhadap para korban penyalahgunaan narkoba. “Juga membangun komitmen bersama untuk terus berupaya melakukan upaya pencegahan dan pemberantasan terhadap segala bentuk penyalahgunaan serta peredaran narkoba,’ kata Andi Fairan.

Pembina Algojo sekaligus Lurah Condongcatur, Reno Candra Sangaji, S.IP, M.IP, menuturkan, kegiatan gowes bareng merupakan salah satu agenda rutin Algojo tiap Sabtu Pon. “Jadwal gowes bareng juga dilaksanakan pada Sabtu Legi, Jumat Pon dan Gowes Reboan,” kata Reno didampingi Giyanto (Ketua Algojo).

Bagi Reno, kegiatan bersepeda sudah menjadi ikon Kalurahan Condongcatur. “Apalagi setelah Condongcatur dinobatkan sebagai Desa Bersinar oleh Badan Narkotika Nasional RI pada 2018,” kata Reno.

Kalurahan Condongcatur adalah Desa Bersinar pertama kali di DIY. Hingga saat ini Pemkal Condongcatur terus menjalin kerjasama dengan BNN Kabupaten Sleman dan BNN Provinsi DIY.

Kerjasama berkait program kalurahan atau Desa Bersinar berupa pelaksanaan berbagai kegiatan, penyuluhan bahaya narkoba, kampanye antinarkoba dan kegiatan gowes bareng.

Bersepeda adalah olahraga yang digemari masyarakat. “Karena itu kami merangkul para penggemar gowes untuk ikut bersama-sama kampanye mengusung tema antinarkoba dan memberi pemahaman kepada masyarakat pentingnya hidup sehat tanpa narkoba,” papar Reno. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here