HUT ke-17 Paguyuban Dukuh Condongcatur “Rebo Wage”

0
20

KABAREWISATA.COM – Paguyuban Dukuh Condongcatur “Rebo Wage” (Boge) melaksanakan acara HUT ke-17 bertempat di Kring Kentungan, Balai Padukuhan Kayen, Kalurahan Condongcatur, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, pada 25 Februari 2023.

Dihadiri segenap pamong dan staf Kalurahan Condongcatur, anggota BPKal, Pengurus RT dan RW se-Padukuhan Kayen selaku tuan rumah.

Setelah doa dipimpin Rois Kayen, dilanjutkan pemotongan tumpeng oleh Ketua Boge yang diserahkan kepada Lurah Condongcatur.

Pemotongan kue ulang tahun oleh Ketua Boge diserahkan kepada Dukuh Ngropoh yang setahun lagi akan memasuki purna tugas.

Ketua Boge, Ribut Suparman, A.Md, yang juga menjabat Dukuh Dero, menyampaikan, di usia yang ke-17 ini sebagai pendewasaan diri dalam mengemban tugas sebagai dukuh di Condongcatur. “Agar dapat menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya,” kata Ribut.

Paguyuban Dukuh Condongcatur rutin mengadakan pertemuan setiap Rabu Wage. Ke depan diharapkan semakin dewasa, matang, kompak dan rukun, sehingga dapat memberikan contoh dan dapat selalu ngemong warga dengan baik.

Lurah Condongcatur, Reno Candra Sangaji, S.IP, M.IP, berharap kekompakan, guyub rukunnya tetap dan terus dipertahankan. “Karena sejatinya Pemerintah Kalurahan Condongcatur maju ini berkat guyup rukun dan kekompakan semua pamongnya termasuk dukuh,” kata Reno.

Pada kesempatan itu, Reno sampaikan ucapan terimakasih kepada dukuh yang telah menjalankan tugas dalam melayani masyarakat di masing-masing padukuhannya.

“Para dukuh telah menyukseskan program Pemerintah Condongcatur, Pemerintah Kabupaten Sleman maupun Provinsi DIY,” ungkap Reno.

Program pembangunan Pemerintah Kalurahan Condongcatur tahun 2022 – 2027 dengan pemberian bantuan pembangunan senilai Rp. 40 juta tiap tahun di setiap RW, Dukuh sebagai manajer mengkoordinir pengurus RT dan RW, Sub Unit LPMKal serta lembaga padukuhan lainnya.

“Untuk merencanakan pembangunan sesuai kubutuhan melalui rembug warga atau Musduk serta menggerakkan masyarakat untuk ikut swadaya di dalamnya,” kata Reno.

Di samping pembangunan fisik, juga ada pembangunan nonfisik yang saat ini dilaksanakan dengan pemberdayaan masyarakat melalui kelompok-kelompok kegiatan.

“Tugas dan fungsi dukuh adalah pemangku kebijakan pemerintahan di wilayah padukuhan sebagai kepanjangan tangan pemerintah kalurahan,” papar Reno.

Ketua Paguyuban Dukuh Condongcatur “Boge” secara berurutan adalah Sumadi (Kaliwaru), H Ahmad Sunarya (Dabag) dan saat ini Ribut Suparman, A.Md (Dero). (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here