Gelar Budaya Tradisi Wiwitan di Tunjungan Bantul

0
19

KABAREWISATA.COM – Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo, merasa bangga dan berterima kasih kepada segenap masyarakat Tunjungan dan sekitarnya atas diselenggarakannya gelar budaya tradisi wiwitan.

“Hal ini sebagai wujud keberpihakan masyarakat pada bidang pertanian,” kata Joko Purnomo, yang berharap nantinya hasil panen para petani akan melimpah.

Acara ini merupakan wujud permohonan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar para petani mendapatkan hasil yang melimpah dan barokah.

Selain itu, juga diharapkan dapat mendukung destinasi wisata dan kegiatan kebudayaan dalam memperkuat Yogyakarta yang istimewa.

Rasa syukur atas segala nikmat yang diberikan oleh Tuhan berupa hasil panen padi yang melimpah, pada Kamis (16/2/2023) digelar budaya tradisi wiwitan di Bulak Tunjungan, Kalurahan Caturharjo, Kapanewon Pandak, Kabupaten Bantul.

Selain wujud rasa syukur, wiwitan ini juga merupakan budaya adiluhung yang harus dilestarikan karena dibarengi dengan acara gelar budaya.

Saat ini Kalurahan Caturharjo sudah menjadi desa wisata dan sedang dalam proses pengajuan menjadi rintisan desa budaya dan akan mengajukan sebagai desa prima serta desa preneur.

Lurah Caturharjo, H Wasdiyanto, SSi, mengatakan, semua padukuhan memberikan dukungan Kalurahan Caturharjo agar nantinya menjadi desa mandiri budaya.

Setelah mendapat kunjungan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, diharapkan Caturharjo nantinya bisa menjadi Kalurahan swasembada beras.

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Bantul, Nugroho Eko Setyanto, S.Sos, MM, memberikan apresiasi terselenggaranya wiwitan yang dibarengi dengan pagelaran seni budaya. “Gelaran ini menjadi salah satu cara untuk melestarikan kebudayaan dan merekatkan persaudaraan antarwarga,” kata Nugroho Eko Setyanto.

Dulunya acara wiwitan hanya dilakukan dengan arak-arakan, namun kali ini menjadi lebih istimewa karena dibarengi dengan pagelaran seni budaya.

Hal inilah yang membuat acara wiwitan semakin meriah dan diharapkan akan mendukung berkembangnya kebudayaan, khususnya di wilayah Kalurahan Caturharjo. (*/Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here