Festival Van Der Wijck Masuk Kegiatan Karisma Event Nusantara

0
88

KABAREWISATA.COM – Pada tahun 2023 ini terdapat 110 agenda unggulan yang telah dikurasi dari 291 event usulan Dinas Pariwisata provinsi se-Indonesia.

Salah satu yang spesial dari tahun 2023 ini adalah Festival Van Der Wijck yang menjadi 1 dari 110 daftar kegiatan dalam Karisma Event Nusantara (KEN)

Festival Van Der Wijck yang kembali dilaksanakan pada tahun 2023 di Buk Renteng dibuka Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, Jum’at (2/6/2023), didampingi Staf Ahli Menteri Kemenparekraf Fajar Hutomo.

Dalam Festival Van Der Wijck yang dibuka pukul 07.00-17.00 WIB ini, masyarakat dapat menikmati beragam rangkaian penampilan kesenian, kirab budaya, lomba, talkshow, edu walking, workshop dan pameran UMKM.

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, mengatakan, meski baru dilaksanakan kali kedua Festival Van Der Wijck berhasil membuktikan Sleman memiliki potensi wisata yang tak kalah menawan dari daerah lain.

Keberuntungan bagi Festival Van Der Wijck yang menjadi salah satu event yang lolos dalam Karisma Event Nusantara dan dibiayai sepenuhnya oleh Kemenparekraf. “Prestasi ini patut kita banggakan dan semoga bisa ditingkatkan di tahun-tahun berikutnya,” ujar Danang.

Dengan dibukanya Festival Van Der Wijck kegiatan promosi pariwisata itu dapat dinikmati masyarakat pada 2-3 Juni 2023 dengan suasana yang berbeda dari tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Ishadi Zayid, mengatakan, Festival Van Der Wijck tak hanya dimeriahkan dengan penampilan beragam kesenian lokal. “Festival Van Der Wijck 2023 juga dinobatkan menjadi salah satu agenda yang lolos dalam Kharisma Event Nusantara Kemenparekraf,” kata Ishadi.

Karisma Event Nusantara (KEN) merupakan strategi kolaborasi Kemenparekraf bersama Pemerintah Daerah dan seluruh stakeholder pariwisata untuk menaikkan citra pariwisata Indonesia dan penggerak kebangkitan sektor pariwisata serta ekonomi kreatif.

“Hal ini patut kita syukuri dan semoga semakin membuka pintu untuk mengenalkan pariwisata, khususnya di Sleman Barat,” kata Ishadi.

Staf Ahli Menteri Kemenparekraf, Fajar Hutomo, membenarkan bahwa Festival Van Der Wijck 2023 masuk dalam daftar Karisma Event Nusantara.

Fajar pun menyampaikan, pemilihan Festival Van Der Wijck dalam Karisma Event Nusantara tak terlepas dari keunikan pemilihan tema “Rice for All” dan suguhan berbagai pertunjukan budaya di Kabupaten Sleman.

Bagi Fajar, dengan menyuguhkan berbagai pertunjukan budaya, membawa festival ini masuk dalam Karisma Event Nusantara. Tentu saja, setelah melalui proses akurasi yang detail dan selektif.

“Semoga festival ini tidak hanya memperluas peluang pariwisata Sleman, namun juga sekaligus memberikan dampak peningkatan perekonomian bagi masyarakat,” kata Fajar.

Pada tahun 2023 ini Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki 6 agenda yang lolos dalam Karisma Event Nusantara, di antaranya Sumonar (Kota Yogyakarta), Wayang Jogja Night Carnival (Kota Yogyakarta), Jogja Violin Fest (Sleman), Festival Van Der Wijck (Sleman), Keroncong Plesiran (Sleman) dan Ngayogjazz (Sleman). (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here