Festival Upacara Adat, Menjaga Eksistensi Upacara Adat di Sleman

0
14

Komitmen dan upaya Pemkab Sleman dalam melindungi, melestarikan dan menjaga keragaman upacara adat yang ada di Kabupaten Sleman. (Foto: Humas Pemkab Sleman)

 

KABAREWISATA.COM – Penyelenggaraan festival upacara adat ini merupakan komitmen dan upaya Pemkab Sleman dalam melindungi, melestarikan dan menjaga keragaman upacara adat yang ada di Kabupaten Sleman.

Hal tersebut disampaikan Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, ketika membuka Festival Upacara Adat Tingkat Kabupaten Sleman Tahun 2023, Senin (12/6/2023).

Kegiatan yang berlangsung di Lapangan Sumedang, Kalurahan Purwobinangun, Kapanewon Pakem, ditandai dengan pemukulan kentongan secara simbolis oleh Bupati Sleman.

Festival Upacara Adat 2023 Tingkat Kabupaten Sleman diikuti kelompok perwakilan dari 17 kapanewon se-Kabupaten Sleman. Diselenggarakan pada 12-13 Juni 2023 mulai pukul 13.00 WIB hingga selesai.

Kustini mengatakan, seniman di Kabupaten Sleman juga dapat memanfaatkan festival ini sebagai wahana berkreasi serta unjuk kreativitas.

Bupati Sleman berharap, dengan adanya festival ini menjadi sarana dan usaha kita bersama untuk nguri-uri. “Juga menjaga berbagai keragaman upacara adat yang ada di Kabupaten Sleman,” imbuhnya.

Melalui berbagai acara kebudayaan, kata Kustini, dapat berdampak positif bagi kunjungan wisatawan di Kabupaten Sleman, yang pada akhirnya meningkatkan perekonomian masyarakat Sleman.

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Sleman, Edy Winarya, menjelaskan, tujuan kegiatan ini adalah melestarikan dan mengembangkan seni tradisional. “Khususnya upacara adat, dan juga menjadi media pembinaan dan wadah bagi pelaku seni serta upacara adat di Sleman,” kata Edy Winarya.

Dengan adanya media pembinaan dan wadah berkreasi diharapkan dapat melestarikan dan mengembangkan seni tradisional, khususnya upacara adat. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here