DP3APPKB Bantul Luncurkan Pusat Pembelajaran Keluarga Projotamansari

0
15

KABAREWISATA.COM – Membangun anak yang sehat, tidak hanya ditilik dari segi fisik saja. Namun juga dari kondisi kesehatan mental atau psikologis.

Hal inilah yang mendorong Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kabupaten Bantul meluncurkan Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Projotamansari pada 27 Januari 2023.

Terlebih, Kabupaten Bantul bertekad untuk membangun anak dan keluarga Indonesia yang sesuai dengan hak anak.

Kepala DP3APPKB Kabupaten Bantul, Dra Ninik Istitarini, Apt, MPH, menekankan kehadiran Puspaga Projotamansari merupakan salah satu upaya pencegahan terhadap masalah-masalah keluarga. “Baik itu kekerasan dalam rumah tangga, kekerasan terhadap anak, perampasan hak anak hingga masalah keluarga yang lain,” ungkap Ninik Istitarini.

Menurut Ninik, Puspaga itu sifatnya preventif. “Bagaimana kita mencegah agar tidak terjadi masalah keluarga atau bagaimana agar masalah-masalah keluarga terselesaikan dengan baik,” kata Ninik.

Karena, tidak semua keluarga bisa menyelesaikan masalah mereka secara mandiri. Butuh pendampingan dari ahli.

Karena sifatnya pencegahan, beberapa program tersebut juga dirancang untuk keluarga atau calon orang tua yang hendak memiliki anak. “Salah satunya kelas parenting,” jelas Ninik. (*/Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here