Dispar Sleman Ajak Semua Komponen Siapkan Destinasi Wisata

0
33

KABAREWISATA.COM – Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman berkomitmen melakukan “Gerakan Jum’at Bersih” di berbagai destinasi wisata di Kabupaten Sleman secara kontinyu dan berkesinambungan.

Gerakan Jum’at Bersih ini diharapkan tidak hanya dilakukan oleh personil dan petugas lapangan Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman saja. Akan tetapi juga dilakukan para pengelola dan pelaku usaha jasa pariwisata serta warga masyarakat yang ada di wilayah destinasi wisata di wilayah Kabupaten Sleman.

Untuk mengoptimalkan komitmen tersebut sekaligus untuk menggemakan semangat dalam mengimplementasikan “Sapta Pesona” — khususnya menjelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 — Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman menerbitkan Surat Edaran No.556/1839 perihal kerja bakti di destinasi jelang libur Natal 2022 dan tahun baru 2023.

Surat edaran tersebut ditujukan kepada kepada semua pengelola destinasi wisata dan pengelola desa wisata yang ada di Kabupaten Sleman.

Melalui surat edaran tersebut Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman mengimbau dan mengajak seluruh pengelola destinasi wisata — baik yang dikelola pemerintah daerah, swasta dan masyarakat — untuk mengadakan kerja bakti serentak pada hari Jum’at, 23 Desember 2023.

“Dengan melibatkan seluruh pelaku wisata dan masyarakat setempat,” ungkap Ishadi Zayid, SH, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman pada Kamis, 22 Desember 2022 di kantornya Jl. Parasamya No.13 Beran, Tridadi, Sleman.

Ishadi menjelaskan, aksi kerja bakti dan reresik destinasi serentak tersebut sebagai wujud komitmen kesiapan destinasi dan desa wisata dalam mengimplementasikan Sapta Pesona secara konsisten dan berkelanjutan. “Diawali dengan kesiapan menghadapi wisatawan saat libur nataru,” tandasnya.

Momen nataru tahun 2022 ini diharapkan menjadi awal kebangkitan pengelolaan destinasi wisata dan desa wisata di wilayah Kabupaten Sleman selepas pandemi Covid-19, yang selama ini telah melemahkan sektor pariwisata.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Wasita, SS, MAP, menjelaskan, seluruh karyawan dan karyawati serta semua petugas lapangan Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman sejumlah 90 orang akan dibagi habis di berbagai destinasi untuk melakukan kerja bakti massal pada Jum’at, 23 Desember 2022 mulai pukul 08.00 WIB hingga selesai.

Berbagai lokasi kerja bakti massal Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman adalah Bukit Klangon, Gerbang Retribusi Glagaharjo, Gerbang Retribusi Kepuharjo, Kawasan Tlogoputri Kaliurang, Kawasan Museum Bakalan.

Selain itu kawasan Gardu Pandang Kaliurang, kawasan Gerbang Retribusi Tanen, kawasan Bunker Kaliadem, kawasan Patung Udang Kaliurang, kawasan Patung Monyet Kaliurang, kawasan Gerbang Retribusi Ngipiksari,  kawasan Candi Sambisari, Candi Sari, Candi Ijo, Candi Kalasan dan Candi Banyunibo.

Selain itu, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman juga menugaskan sebagian personilnya untuk melaksanakan monitoring pentas seni reguler dan monitoring destinasi dalam rangka libur nataru pada tanggal 24, 25, 31 Desember 2022 dan 1 Januari 2023.

Meliputi kawasan Kaliurang (Tlogo Putri, Gardu Pandang, Suraloka Zoo dan Merapi Park), kawasan Kaliadem (Bukit Klangon, Teras Merapi, Kopi Merapi, dll), Tebing Breksi, Obelix Hill, Candi Ijo, Lava Bantal, kawasan TNGM, Nawang Jagad, Tankaman, Turgo, The Lost World Castle, Batu Alien, Museum Sisa Hartaku, Lost Word Park, Stonehence.

Juga di Studio Alam Gamplong, Wana Rahayu, Jogja Exotarium, Sindu Kusuma Edupark (SKE), Jogja Bay Waterpark, kawasan Candi Sambisari, Candi Sari, Candi Ijo, Candi Kalasan dan Candi Banyunibo, dll. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here