Dinamika Positif yang Kompetitif dan Sinergi Dibangun SMAM 3 Yogyakarta

0
19

KABAREWISATA.COM – SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta mengadakan pelatihan pengisian jurnal guru secara digital, Rabu (1/3/2023).

“Jika kita ingat dulu, saat selesai mengajar kita harus mengisi jurnal harian guru secara tulis tangan,” kata Fitri Sari Sukmawati, MPd selaku Kepala SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta.

Dikarenakan saat ini eranya sudah data-based dan digital, maka SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta mengambil peranan digital untuk dilaksanakan segera.

“Perkembangan teknologi di era digital sekarang ini tidak boleh diremehkan,” kata Fitri Sari Sukmawati.

Dikatakannya, jika tidak kita mulai hari ini, kapan lagi? “Jika tidak kita duluan yang melakukan, siapa lagi? Jika tidak mengikuti zaman, kita tidak mau jadi penonton dari era VUCA di mana tidak hanya jalan pelan – pelan, tapi sudah berlari kesana-kemari,” katanya.

Kata Fitri, mengubah kultur yang nyaman dengan menulis di era digital sekarang ini memang tidak serta merta mudah.

“Perlu diciptakan sistem yang bisa menstimulus manusia melakukan kegiatan yang sesuai pencapaian dengan rapi, disiplin, terintegrasi dan tuntas,” paparnya.

Maka, melalui pelatihan seperti inilah diciptakan untuk mensupport agar nantinya bisa betul-betul menjadi support system keberhasilan pada bidang kualitas sumber daya manusia (SDM) SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta.

“Pendidikan berkemajuan harus punya muara yang jelas dengan apa arti kemajuan itu sendiri,” ungkap Fitri.

Apalagi tantangan yang dihadapi, salah satunya adalah era di mana logika yang dibawa masuk menjadi logika kapitalisme internet (Internet of Things).

Dimensi yang dijalankan juga harus gamblang untuk dapat diterima orang. “Oleh sebab itulah, dinamika harus kita munculkan, yaitu dinamika positif yang kompetitif dan sinergi,” ungkap Fitri. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here