Dies Natalis ke-41 UWM: Akselerasi Pendidikan Menjadi Pilihan Paling Rasional

0
7

KABAREWISATA.COM – Universitas Widya Mataram (UWM) selalu menatap ke depan untuk melakukan terobosan dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan dan pelaksanaan penyelenggaraan pendidikan tinggi.

Langkah tersebut mencakup penyesuaian kurikulum perkuliahan maupun infrastruktur fisik penunjang pendidikan. “Kami selalu berpikir dan bertindak secara progresif dan akseleratif,” kata Rektor UWM, Prof Dr. Edy Suandi Hamid, Jum’at (8/9/2023).

Ini pendekatan yang paling rasional bagi civitas akademika UWM dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi sebagaimana dalam arahan kebijakan Rektor UWM Prof Dr. Edy Suandi Hamid.

Ketua Panitia Dies Natalis ke-41 UWM Tahun 2023, Dr. As Martadani Noor, M.A., mengatakan, selama empat dasawarsa lebih dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi, UWM telah memainkan peran penting dalam menyiapkan sumber daya manusia yang siap menjadi tulang punggung masyarakat dalam mengelola proyek dan pekerjaan serta mengatasi berbagai persoalan sosial, ekonomi, politik, kebudayaan dan lainnya.

Hal tersebut dibuktikan dengan hadirnya 9.717 orang alumni yang memiliki pekerjaan maupun profesi terhormat di tengah masyarakat.

Sejalan dengan dinamika persoalan kemasyarakatan dan kemajuan teknologi, kata Martadani Noor, UWM melakukan berbagai penyesuaian kurikulum yang sesuai dengan dinamika zaman dan tantangan dalam masyarakat.

Dari segi infrastruktur pendidikan berupa gedung telah dibangun menjadi Kampus Terpadu di Jalan Tata Bumi Selatan RT 06/RW 08 Banyuraden, Kapanewon Gamping, Kabupaten Sleman.

Gedung tersebut melengkapi kampus klasik di nDalem Mangkubumen KT III/237, Kelurahan Kadipaten, Kemantren Kraton, Kota Yogyakarta.

Langkah-langkah strategis itu menjadi karakter dari sikap progresif dan langkah akseleratif UWM. Dan kondisi ini menjadi alasan mendasar Dies Natalis ke-41 UWM mengusung tema “Progresif Akseleratif Membangun UWM yang Kompetitif”.

Ekspresi pemikiran tersebut sesuai dengan visi pendiri UWM, Sri Sultan Hamengkubuwono IX, bersama KGPH Mangkubumi (kini bergelar Sri Sultan Hamengkubuwono X dan menjabat Gubernur DIY).

Dalam pidato peluncuran kampus ini, Sri Sultan Hamengkubuwono IX menyatakan, “Saya mendirikan Universitas Widya Mataram tidak untuk menambah deretan panjang jumlah perguruan tinggi di Yogyakarta, tetapi saya ingin memberikan alternatif bagi dunia pendidikan di Yogyakarta”.

Menyongsong peringatan kelahiran ke-41 UWM pada 7 Oktober 2023, Panitia Dies Natalis ke-41 UWM menyiapkan serangkaian kegiatan bernuansa pemberdayaan intelektual, peningkatan kebugaran fisik dan kegiatan spiritual.

Pemberdayaan intelektual dalam bentuk kegiatan-kegiatan ilmiah, di antaranya workshop “Inkubasi Bisnis dengan Pemanfaatan Digital Marketing”, “Etika Digital untuk Generasi Online”, “Digital Bermartabat di Dunia Maya”, “Literasi Digital untuk Anak dan Remaja”.

Kegiatan intelektual terkait seperti Kompetisi Video TikTok Mahasiswa dengan tema “Raih Masa Depan di UWM”, E-Sport Competition, Lomba Sketsa dan Walking Tour, Food Festival, Lomba Pidato Bahasa Inggris.

Penyegaran fisik dan hiburan antara lain turnamen olahraga, jalan sehat, lomba senam, karaoke, menghias tumpeng. Kegiatan spiritual seperti ziarah dan doa di makam pendiri UWM Sri Sultan Hamengkubuwono IX di Komplek Makam Imogiri dan perhelatan malam renungan bersama.

Rangkaian kegiatan yang berlangsung selama September sampai Oktober 2023 melibatkan para dosen dan karyawan serta masyarakat umum. “Terutama warga di lingkungan Kampus Terpadu UWM Banyuraden,” kata Martadani. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here