Bupati Sleman Panen Raya Mentimun

0
6
Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, melakukan panen raya mentimun. (Foto: Humas Sleman)

KABAREWISATA.COM – Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, melakukan panen raya mentimun, Kamis (4/7/2024). Turut hadir dalam acara tersebut Paniradya Pati Kaistimewaan DIY Aris Eko Nugroho.

Hal itu dalam rangka program optimalisasi kalurahan yang didukung Dana Keistimewaan melalui Paniradya Kaistimewaan di Kalurahan Pondokrejo, Kapanewon Tempel, Kabupaten Sleman.

Kustini mengatakan, sektor pertanian memiliki peranan penting dan strategis dalam pembangunan daerah di Sleman.

“Oleh karenanya, program optimalisasi tanah kas kalurahan yang dikelola masyarakat menjadi lahan pertanian dapat memotivasi para petani,” kata Kustini.

Kustini berharap, hasil panen dari program optimalisasi tanah kas kalurahan ini dapat memberi nilai tambah ekonomi. “Dan semakin memotivasi para petani untuk meningkatkan produksi pertanian terkhusus hortikultura,” kata Kustini

Dengan adanya dukungan dari Dana Keistimewaan ini, kedepannya petani di Pondokrejo dapat memanfaatkan perkembangan teknologi pertanian untuk mendongkrak produktivitas, menjaga kualitas produk, menjamin keberlanjutan produk dan mampu mengakses pasar digital.

Paniradya Pati Kaistimewan DIY, Aris Eko Nugroho, menyampaikan apresiasi kepada Kalurahan Pondokrejo dan Kabupaten Sleman. “Untuk berkolaborasi dalam melaksanakan program optimalisasi tanah kas kalurahan yang dimanfaatkan menjadi lahan pertanian masyarakat,” kata Aris.

Dengan adanya Pergub 24 Tahun 2024 tentang pemanfaatan tanah kalurahan, harapannya tanah di kalurahan betul-betul bisa dioptimalkan dengan tidak hanya sekadar diambil sewanya. “Namun bagaimana bisa untuk memberdayakan serta mensejahterakan masyarakat,” ujar Aris

Aris menjelaskan, penggunaan tanah kas kalurahan bisa beragam mulai dari pertanian hortikultura, peternakan, perikanan hingga pertanian padi.

Menurutnya, yang terpenting adalah pemanfaatan tanah itu sendiri serta dampak positifnya bagi perekonomian masyarakat.

“Saya berharap ke depan kalurahan-kalurahan lain dapat memanfaatkan program ini, yang tentu harapan kita bersama masyarakat dapat berdaya dan sejahtera,” pungkas Aris. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here