Bupati Sleman Apresiasi Peran Media dalam Pembangunan

0
13

KABAREWISATA.COM – Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman selenggarakan bakti sosial di Pendopo Parasamya Kabupaten Sleman, Rabu (22/2/2023).

Dalam kesempatan tersebut hadir Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa dan sejumlah pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Sleman serta  sejumlah wartawan Sleman dari berbagai media.

Bekerjasama dengan Paguyuban Wartawan Pemkab Sleman (PWPS), peringatan HPN 2023 Kabupaten Sleman kali ini diisi dengan bakti sosial (baksos) berupa donor darah bagi masyarakat umum dan pembagian sembako kepada 100 warga prasejahtera di wilayah Kalurahan Tridadi, Kapanewon Sleman, Kabupaten Sleman. Dari 117 orang pendaftar donor darah, yang bisa terambil hanya 72 orang.

Selain itu, dalam kegiatan tersebut juga diserahkan tali asih kepada dua keluarga wartawan Sleman yang meninggal.

Bakti sosial ini untuk memberikan kontribusi positif dan manfaat nyata bagi masyarakat. Adapun donor darah secara khusus ditujukan untuk membantu mencukupi kebutuhan darah PMI Sleman.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran pers atas kerjasamanya selama ini dengan Pemerintah Kabupaten Sleman.

Menurut Kustini, pers memiliki peran penting. “Baik bagi masyarakat maupun bagi pemerintah,” tandasnya.

Kustini menilai, kedudukan pers sebagai jembatan yang menghubungkan informasi dari pemerintah ke masyarakat maupun sebaliknya.

“Pers menjadi mitra pemerintah untuk menginformasikan berbagai kebijakan dan langkah strategis yang ditetapkan pemerintah,” jelas Kustini.

Pada kesempatan tersebut Kustini mendorong profesionalitas insan pers dalam menjalankan tugas yang sesuai dengan tema besar HPN 2023, yaitu pers merdeka demokrasi bermartabat.

Menurut Kustini, jurnalis harus profesional, memenuhi kode etik jurnalistik dan memiliki independensi yang kuat dalam menjalankan profesinya. “Terlebih tahun ini merupakan tahun politik dan jurnalis dituntut untuk netral,” kata Kustini.

Ketua Panitia HPN 2023 Kabupaten Sleman, Subardi, mengatakan, dalam peringatan HPN 2023 ini PWPS berkomitmen untuk memerangi hoax sebagai bentuk profesionalisme jurnalis.

Menurutnya, selain merugikan masyarakat, berita hoax juga merugikan media massa. “Wartawan Sleman siap berkarya yang bermanfaat bagi masyarakat dengan merdeka menyajikan berbagai berita yang bersifat informatif, promotif dan edukatif sehingga berita yang ditulis wartawan Sleman bisa memberi manfaat bagi masyarakat,” ujar Subardi

Dalam penyelenggaraan peringatan HPN 2023 ini diserahkan berbagai doorprize bagi peserta donor darah: sepeda, dispenser, rice cooker dan kipas angin. Disediakan pula sejumlah voucher menginap di hotel.

Seluruh hadiah diberikan melalui pengundian yang dilakukan oleh Bupati Sleman Dra Hj Kustini Sri Purnomo, Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa, SE, Sekretaris Daerah Sleman H Hardo Kiswoyo, SE, M.Si dan sejumlah perwakilan BUMD Sleman. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here