BPKal Condongcatur Muskal Susun RKPKAL 2024

0
22

KABAREWISATA.COM – Musyawarah Kalurahan (Muskal) Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Kalurahan (RKPKal) Condongcatur Tahun Anggaran 2024 digelar Rabu (21/6/2023) di Ruang Wacana Loka Pemkal Condongcatur.

Kali ini, Panitia Muskal dari BPKal Condongcatur mengundang seluruh komponen masyarakat di Kalurahan Condongcatur, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman.

Hadir dari Kapanewon Depok terdiri dari Panewu, Kepala Jawatan Praja dan Kepala Jawatan Kemakmuran. Selain itu Lurah beserta Pamong Kalurahan, Lembaga Kalurahan, Lintas Sektoral: Bhabinkamtibmas, Babinsa, KUA Depok, UPT Depok, Kepala Puskesmas Depok II, PLKB Depok, HIMPAUDI, Pendamping Desa.

Selain itu ad Perwakilan Pokja dan Forum Anak, Satpas PPA, Satgas P4GN, Forum TPA, Destana, serta unsur Disabilitas.

Ketua Panitia Muskal, Sri Wahyuni, menyampaikan, Musyawarah Kalurahan antara BPKal, Pemerintah Kalurahan dan unsur masyarakat yang diselenggarakan BPKal ini untuk menyepakati hal-hal yang bersifat strategis.

Muskal penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Kalurahan sebagai salah satu perwujudan perencanaan pembangunan kalurahan tahunan secara partisipatif.

“Di mana pengelolaan pembangunan di kalurahan dan kawasan perdesaan yang dikoordinasikan oleh Lurah dengan mengedepankan kebersamaan, kekeluargaan dan kegotongroyongan guna mewujudkan pengarusutamaan perdamaian dan keadilan sosial,” kata Sri Wahyuni.

Tujuan Muskal RPJMKal ini untuk mencermati ulang dokumen RPJMKal, menyepakati hasil pencermatan ulang dokumen RPJMKal dan membentuk tim verifikasi sesuai kegiatan dan keahlian yang dibutuhkan.

Lurah Condongcatur, Reno Candra Sangaji, SIP, MIP, mengatakan, Musyawarah Kalurahan RKPKal ini merupakan lanjutan dari kegiatan Musduk yang telah dilakukan awal tahun 2023 secara maraton di 18 padukuhan.

“Hal itu untuk perencanaan anggaran pembangunan fisik maupun nonfisik tahun anggaran 2024,” kata Reno.

Dalam Muskal ini, kegiatan pembangunan padukuhan dipaparkan oleh Ulu Ulu Murgiyanta, SE.

Dipaparkan pula bidang pemerintahan, pemberdayaan, bidang nonfisik yang bersifat rutin stimulan pembinaan per tahun meliputi bidang sosial, kesehatan, seni, budaya, pemuda, Posyandu, KWT, keamanan, Gapoktan, olahraga, jaga warga dan sebagainya yang dipaparkan Kaur Pangripta, Kaur Tata Laksana, Kamituwa dan Jagabaya.

Tangapan hasil Muskal disampaikan Ketua BPKal Condongcatur Sunarto, S.Sos. “RKPKal ini disusun berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kalurahan, khususnya program pembangunan yang sesuai dengan visi dan misi Lurah Condongcatur,” kata Sunarto.

Menurutnya, sebuah siklus tahunan RKP Kalurahan dipakai sebagai pedoman atau acuan pelaksanaan pembangunan bagi pemerintah kalurahan selanjutnya sebagai dasar penyusunan APBKal tahun anggaran berikutnya.

Diharapkan akhir tahun 2023 dapat ditetapkan APBKal Condongcatur tahun 2024 untuk penyelenggaraan Pemerintahan Kalurahan Condongcatur dengan Tim Verifikasi Pembangunan terdiri dari Teguh Purwanto (Ketua), Suprihadi (Sekretaris) dan anggota adalah Heri Prasetyo, Murdiyanto dan Fuad Asnawi.

Prioritas program kegiatan dan anggaran kalurahan yang dikelola oleh kalurahan dengan anggaran yang dikelola melalui kerjasama antarkalurahan dan pihak ketiga.

Rencana program kegiatan dan program anggaran kalurahan yang dikelola oleh kalurahan sebagai kewenangan penugasan dari pemerintah, pemerintah daerah provinsi, pemerintah daerah kabupaten/kota.

Panewu Depok, Wawan Widiantoro, S.IP, M.PA, menyambut baik BPKal Condongcatur. “Dalam penyelenggaraan Muskal di wilayah Kapanewon Depok, Kalurahan Condongcatur yang paling tepat melaksanakan Muskal Penyusunan RKPKal Tahun Anggaran 2024,” kata Wawan Widiantoro.

Wawan pun berpesan agar Lurah beserta pamongnya segera cekat-ceket membentuk tim penyusun RKPKal dan tim verifikasinya. “Sehingga segera dapat tersusun dengan baik dan hasilnya segera dikirimkan ke Dinas PMK Kabupaten Sleman,” katanya. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here