Berdiri, Sanggar Karawitan dan Pedalangan

0
75

KABAREWISATA.COM – Sebagai salah satu bentuk menuju Condongcatur sebagai Desa Budaya telah berdiri Sanggar Karawitan dan Pedalangan.

Berkaitan dengan hal tersebut, dalang cilik perempuan Bernadheta Astri Putri Nugraheni didampingi kedua orangtuanya temui Lurah Condongcatur, Reno Candra Sangaji, SIP, MIP, Selasa (27/12/2022).

Lurah Condongcatur menyambut baik dan mendukung berdirinya sanggar karawitan dan pedalangan tersebut. “Ini merupakan salah satu bentuk menuju Condongcatur sebagai desa budaya,” kata Reno.

Dengan adanya sanggar karawitan dan pedalangan itu, diharapkan akan memunculkan dan mengembangkan kreativitas serta ide-ide dalam bidang kesenian dengan berbagai kegiatannya.

“Selain itu juga dapat sebagai media edukasi dalam pendidikan maupun latihan dan sebagai hiburan bagi masyarakat ketika latihan serta peminat seni,” papar Reno.

Pada kesempatan itu, Bernadheta Astri Putri Nugraheni mohon doa restu kepada Pemerintah Kalurahan Condongcatur dan masyarakat dengan akan dibukanya Sanggar Karawitan dan Pedalangan pada 7 Mei 2023 mendatang.

Menurut Astri, Sanggar Seni Gita Langen Budaya telah memiliki Nomor Induk Kebudayaan (NIK) dan terdaftar resmi di Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Sleman pada 14 November 2022 dengan Nomor 2.071.2022.1393.

Sanggar Seni Gita Langen Budaya untuk sementara waktu latihan karawitan dan pedalangan bertempat di Jl Kaliurang km 7 RT 05 RW 58 Padukuhan Joho, Kalurahan Condongcatur, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here