Band Gigi Pukau Ribuan Santri PP Sunan Pandanaran

0
9

KABAREWISATA.COM — Kementerian Agama menggelar acara PeaceSantren di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran, Sleman, Rabu (27/3/2024).

Gelaran PeacePesantren bertajuk “Ngabuburit Ramadan 1445” ini dihadiri pengasuh Pondok Pesantren Sunan Pandanaran KH Mu’tashim Billah, Kabid Pendidikan Madrasah Kemenag DIY Abd. Suud dan tamu undangan lainnya.

Dalam acara tersebut Kemenag memanfaatkan momentum Ramadan untuk menebar pesan persaudaraan dan perdamaian dengan menggandeng group band Gigi.

Dengan membawakan berbagai tembang andalan, band Gigi mampu tampil menghibur dan memukau ribuan santri dan masyarakat yang hadir.

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI, Muhammad Ali Ramdhani, menyebut, acara PeaceSantren digelar di pondok pesantren karena sejatinya kehadiran pesantren selalu membawa pesan damai, kasih sayang serta nilai-nilai moderasi beragama.

Kita semua memahami sesungguhnya semakin dalam seseorang memahami agama, maka perilakunya akan semakin baik kepada orang lain. “Dan mampu mentolerir perbedaan yang ada pada setiap individu manusia,” ujar Ali Ramdhani didampingi Plt. Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Waryono.

Menurutnya, pesan-pesan damai tidak hanya bisa digaungkan dalam bentuk ceramah atau nasihat, melainkan juga bisa disampaikan melalui ruang-ruang seni seperti musik yang religi.

Gigi Band termasuk band yang memiliki album religi yang kuat. “Mereka selalu tampil dengan mengedepankan ruang-ruang moderasi,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut Basis Gigi, Thomas Ramdhan, menyampaikan pesan bahwa perdamaian dan penerimaan terhadap segala bentuk perbedaan merupakan cara Gigi untuk terus eksis berkarya selama 30 tahun.

Gigi ini ada empat orang, yang satunya non-muslim. “Kadang kita juga beda prinsip dan pandangan, alhamdulillah Gigi sudah 30 tahun dan menjaga 30 tahun berkarya keliling Indonesia,” ujar Thomas.

Dewa Budjana, satu-satunya personel Gigi yang non-muslim, mengaku selama 30 tahun karirnya band Gigi sudah banyak berkunjung ke berbagai pesantren di Indonesia. Dalam kunjungannya itu Budjana merasa nyaman terhadap perdamaian yang diterapkan di pondok pesantren. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here