ATF 2023 Yogyakarta, Ajang Perhelatan Prestisius Insan Pariwisata Internasional

0
115
Kunjungan Ketua Penyelenggara ATF 2023, GKR Bendara ke stand Koperasi Pemasaran Formekers Kriya Utama setelah acara pembukaan ATF 2023 di Jogja Expo Center - (Foto: Rahmad S/KabareWisata)

KABAREWISATA.COM – Indonesia Tourism, Culinary Festival & Creative Economy Industries Exhibition yang merupakan rangkaian acara perhelatan event pariwisata tahunan terbesar insan pariwisata di kawasan Asia Tenggara atau Asean Tourism Forum (ATF) 2023 telah resmi dibuka oleh Penasihat Dharma Wanita Persatuan Kemenparekraf / Baparekraf, Nur Asia Uno, pada Kamis (2/2/2023) di Jogja Expo Center, Bantul, Yogyakarta.

Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Bendara selaku Ketua Penyelenggara ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 Yogyakarta mengatakan dalam sambutannya bahwa even ATF ini bertaraf internasional dan merupakan ajang perhelatan tertinggi bagi dunia pariwisata di tingkat ASEAN.

“ATF ini menjadi salah satu kebanggaan kita semua di tahun 2023 untuk mengawali tahun ini, Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta sudah bekerja keras mempersiapkan diri berbulan – bulan untuk menyelenggarakannya, “ papar GKR Bendara.

“Dan Program yang teristimewa adalah di booth Sibakul Jogja menyediakan fasilitas free ongkir tidak hanya secara nasional tetapi sampai manca negara, sampai tanggal 5 Februari, ini sungguh luar biasa,” ungkap GKR Bendara.

“Harapan kami memang acara ATF yang menjadi ajang prestisius pariwisata ini akan membuka gerbang tidak hanya Jogja tetapi seluruh destinasi wisata di Indonesia untuk pulih kembali,” harapnya.

Setelah acara pembukaan ATF 2023, GKR Bendara menyempatkan berkeliling meninjau peserta pameran sekitar 110 UMKM Kreatif yang tergabung dalam booth PEMDA DIY dengan mitra Sibakul Jogja.

Salah satu peserta yang menarik perhatian GKR Bendara adalah produk – produk unggulan dari para pelaku usaha ekspor yang tergabung dalam stand Koperasi Pemasaran Formekers Kriya Utama, dimana produk yang ditampilkan pada ajang ATF 2023 ini adalah berkonsep Living Room (ruang Tamu).

Sementara itu KADISKOPUKM DIY, Ir. Srie Nurkyatsiwi, M.M.A., mengatakan bahwa ATF 2023 merupakan momen yang istimewa setelah 20 tahun lalu DIY juga pernah menjadi tuan rumah dan pada penyelenggaraan ATF tahun 2023 ini jumlah keikutsertaan buyers pada TRAVEX ATF 2023 juga jauh meningkat.

“Ada sekitar 150 buyers dari 29 negara yang rencana akan hadir dalam ATF 2023 dan ini adalah peluang dan kesempatan yang luar biasa bagi para pelaku UMKM kreatif untuk ikut memasarkan produk – produk unggulan Yogyakarta di ajang ATF 2023 dengan fasilitas dari PEMDA DIY melalui mitra Sibakul Jogja,” ungkap Siwi di sela kunjungannya meninjau stand Pemda DIY, Kamis (2/2/2023). (soe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here