ARTJOG 2024, Peristiwa Seni Sebagai Ruang Berbagi Pengetahuan

0
14
ARTJOG hadir melalui pameran seni rupa dan berbagai presentasi program seni serta edukasi. (Foto: Istimewa)

KABAREWISATA.COM – Festival Seni Kontemporer ARTJOG 2024 berlangsung di Jogja National Museum, Jl Prof Dr Ki Amri Yahya No.1, Pakuncen, Wirobrajan, Yogyakarta, Jumat (28/6/2024), dihadiri Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Inf Hotlan Maratua Gurning, SIP.

Hadir pula Iwan Lukminto (CEO PT Sritex), Singgih Raharjo, SH, M.Ed (Kepala Dinas Pariwisata DIY), Dian Laksmi Pratiwi, SS, MA (Kadis Kebudayaan DIY), Hery Pemad (Direktur Artistik ARTJOG), Iwan Kurniawan Lukminto (budayawan), seniman dan budayawan.

ARTJOG adalah peristiwa seni yang berperan sebagai ruang berbagi pengetahuan dan pengalaman estetika serta perkembangan seni terbaru.

Sebagai sebuah festival, ARTJOG hadir melalui pameran seni rupa dan berbagai presentasi program seni serta edukasi yang terus menyuguhkan beragam tawaran pengalaman baru.

Mengangkat tajuk Motif: Ramalan Pada Penyelenggaraannya, ARTJOG mengajak seniman berkelindan di antara pengetahuan sejarah masa lalu dan ‘ramalan’ atas masa depan yang selalu penuh kemungkinan, mengimajinasikan peristiwa dan ‘sejarah’ masa depan.

Menyambung keberlanjutan dari gelaran sebelumnya, ARTJOG kembali menghadirkan program-program pendukung seperti Young Artist Award, ARTJOG Kids, performa•ARTJOG, Exhibition Tour, Meet The Artist, Artcare serta Jogja Art Weeks.

Festival seni kontemporer ARTJOG 2024 yang dilaksanakan pada 28 Juni 2024 sampai 1 September 2024 merancang program Love ARTJOG sebagai sebuah gerakan dan ruang inisiatif untuk menumbuhkan, mendorong dan memperluas kesadaran bersama tentang kesetaraan dan kebersamaan.

Perumusan gagasan ini telah dimulai sejak tahun 2021, mengedepankan rasa cinta dan kasih sayang yang universal terhadap sesama sekaligus mendorong cita-cita sebuah festival yang diselenggarakan oleh semua, dari semua dan untuk semua.

Love ARTJOG tentunya tidak hanya terbatas pada akses pelayanan dan fasilitas bagi kawan difabel, namun juga ruang yang luas untuk terlibat aktif dalam penyelenggaraan ARTJOG.

Semangat ini mewujud dengan kehadiran karya-karya mereka dalam program pameran dan pertunjukan serta pendampingan saat kunjungan dan tur pameran. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here