ADWI 2024, DKV UMP Kolaborasi dengan Kementerian Pariwisata

0
12
Mempromosikan desa wisata di Indonesia dengan melibatkan berbagai pihak dalam pembuatan konten promosi yang menarik dan informatif. (Foto: Istimewa)

KABAREWISATA.COM – Dalam rangka mendukung pengembangan destinasi wisata di Indonesia, Direktorat Tata Kelola Destinasi, Deputi Infrastruktur dan Pengembangan Destinasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menyelenggarakan Program Anugrah Desa Wisata (ADWI) 2024.

Program tersebut bertujuan untuk mempromosikan desa-desa wisata di seluruh Indonesia dengan melibatkan berbagai pihak dalam pembuatan konten promosi yang menarik dan informatif.

Dosen Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Ilmu Budaya dan Komunikasi (FIBK) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Alhadi Nelsa, M.Sn, menjadi tim promosi yang diadakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang berperan sebagai creative director.

Alhadi Nelsa akan mendampingi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Balleangin dalam pembuatan video promosi desa wisata tersebut.

Dalam perannya sebagai creative director, Alhadi Nelsa diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam mengangkat potensi dan daya tarik Desa Wisata Balleangin.

“Saya merasa terhormat dan bersemangat untuk berpartisipasi dalam program ADWI 2024,” kata Alhadi Nelsa, Sabtu (6/7/2024).

Bagi Alhadi, ini adalah kesempatan yang luar biasa untuk menerapkan ilmu dan ketrampilan desain komunikasi visual dalam mendukung promosi pariwisata lokal.

Menurutnya, pembuatan video promosi ini akan menampilkan keindahan alam, kebudayaan dan potensi ekonomi kreatif yang dimiliki Desa Balleangin.

Alhadi akan berusaha semaksimal mungkin untuk membuat video yang tidak hanya informatif, tapi juga mampu menarik minat wisatawan untuk mengunjungi desa ini.

Program Anugrah Desa Wisata 2024 bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan minat wisatawan terhadap destinasi wisata di desa-desa Indonesia.

Dengan melibatkan para ahli di bidang kreatif, seperti Alhadi Nelsa, program ini diharapkan dapat menghasilkan konten promosi yang berkualitas tinggi dan efektif.

Selain berkontribusi dalam pembuatan video promosi, Alhadi Nelsa juga akan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada anggota Pokdarwis Balleangin, khususnya dalam aspek-aspek kreatif dan teknis produksi video.

Melalui pendampingan ini, Alhadi berharap dapat meningkatkan kapasitas dan kemampuan anggota Pokdarwis dalam memproduksi konten promosi yang menarik di masa depan.

Keterlibatan Alhadi Nelsa dalam program ADWI 2024 ini juga mendapatkan apresiasi dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Jawa Tengah.

Dekan FIBK UMP, Assoc Prof Dr Widya Nirmalawati, SS, MA, bangga memiliki dosen seperti Alhadi Nelsa yang aktif berkontribusi dalam pengembangan pariwisata nasional.

Partisipasinya dalam program tersebut sejalan dengan visi UMP untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya berprestasi secara akademis, tapi juga memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Menurut Widya, dengan sinergi antara akademisi, pemerintah dan masyarakat lokal, program Anugrah Desa Wisata 2024 diharapkan dapat menjadi motor penggerak dalam pengembangan destinasi wisata desa di Indonesia.

“Melalui promosi yang efektif dan berkelanjutan, desa-desa wisata seperti Balleangin dapat dikenal lebih luas dan berkontribusi pada peningkatan ekonomi lokal dan nasional,” papar Dekan FIBK UMP Assoc Prof Dr Widya Nirmalawati, SS, MA. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here