Festival Budaya Kapanewon Mlati

0
16

KABAREWISATA.COM – Festival Budaya Kapanewon Mlati, Kabupaten Sleman, yang diadakan pada 9 – 16 Oktober 2022 diawali Gebyar PAUD dan UMKM se-Kapanewon Mlati, dilanjutkan pertunjukan budaya: jathilan, pameran keris dan tosan aji, macapat, ketoprak, pentas dalang cilik, sarasehan budaya, lomba sesorah geguritan, pagelaran wayang dan kirab budaya.

Selain itu ada pula lomba kreasi anak, dialog kebangsaan, tembang nostalgia Koes Plus, sholawat kebangsaan dan kampanye Germas.

Festival Budaya bertemakan “Kemilau Budaya Negeriku, Kuat, Tumbuh Karakter dan Jati Diri Bangsaku” dibuka Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, dengan memukul gong dan menancapkan gunungan, dilanjutkan pengukuhan Pokja Ibu PAUD Kapanewon Mlati dan peninjauan pameran UMKM.

Festival Budaya Kapanewon Mlati tahun 2022 mendapat apresiasi Bupati Sleman. “Saya menyambut baik kegiatan ini sehingga dapat menjadi wahana pelestarian seni budaya sekaligus peningkatan aktivitas perekonomian di Kapanewon Mlati,” ungkap Kustini.

Diharapkan, melalui aktivitas pelestarian budaya ini ke depannya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Adanya pengenalan budaya kepada anak usia dini juga mendapat dukungan Bupati Sleman.

“Karena bisa menggugah keinginan dan ketertarikan generasi penerus terhadap kekayaan seni dan budaya di Kabupaten Sleman,” ungkap Kustini.

Kegiatan tersebut berangkat dari ide sederhana untuk memberikan sarana dan wadah bagi seluruh stakeholder. “Dan juga kalangan masyarakat di Kapanewon Mlati untuk turut nguri-uri kabudayan melalui Festival Budaya Kapanewon Mlati 2022,” kata Arifin selaku Panewu Mlati.

Festival Budaya Kapanewon Mlati kali ini melibatkan instansi pemerintah, swasta, organisasi masyarakat dan seluruh stakeholder di Kapanewon Mlati untuk berpartisipasi dan tampil dalam acara tersebut. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here