Bursa Akik di Posnya Seni Godod

0
32

KABAREWISATA.COM – Mengakhiri pameran dan bursa lukisan “Laga Rupa” di Posnya Seni Godod, Suryodiningratan, Yogyakarta, digelar Bursa Akik pada 27 Agustus 2022 hingga 6 September 2022.

Bursa akik ini merupakan rangkaian acara memperingati HUT RI ke-77 yang bertepatan dengan bulan Suro.

Menurut Godod, penggagas Bursa Akik, Suro merupakan bulan istimewa. “Bulan pengampunan dan penuh berkah,” kata Godod, Sabtu (27/8/2022).

Bagi penggemar akik, tentu ini merupakan kesempatan baik untuk mengoleksi. Tak kurang dari 500 butir batu akik ditawarkan dengan harga sama: Rp 25 ribu per butir. Syaratnya, pembeli tidak diperbolehkan memilih. “Jadi hanya dengan mengambil satu akik secara acak di dalam toples,” kelakar Godod.

Koleksi akik ini diperoleh Godod dari Pacitan sejak tahun 1975 hingga sekarang tahun 2022. Beberapa di antaranya jenis srowot, batu gambar, cubung, nogo suwi (badar lumut), Sulaiman, biduri bulan, dan lain-lain.

Untuk ukuran akik sendiri sangat bervariasi antara 1 cm hingga 5 cm. Dan dijual dengan harga sama. “Bagi yang beruntung akan mendapatkan jenis akik yang istimewa,” terang Godod.

Selain akik “telanjang”, juga ditawarkan oleh Godod akik yang dikasih “emban” yang siap pakai. Harganya berkisar antara Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribu.

Adapun untuk bahan emban-nya juga bervariasi. Ada yang dari stainless steel, monel, dan lain-lain. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here