Pelatihan Peningkatan SDM Tenant Teras Malioboro, Komitmen Pemda DIY untuk UKM Naik Kelas

0
6
Pelatihan Peningkatan SDM Tenant Teras Malioboro, Komitmen Pemda DIY untuk UKM Naik Kelas - (Foto: istimewa)

KABAREWISATA.COM – Pemerintah Daerah (Pemda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui pelatihan bertajuk “Pendampingan Penerapan Tata Kelola Ketenagakerjaan bagi Tenant Teras Malioboro”.

Pelatihan ini berlangsung dari 30 September hingga 2 Oktober 2024 dan diikuti oleh 30 peserta tenant dari Teras Malioboro 1 dan 2. Program ini merupakan jenjang ketiga dari rangkaian pelatihan, setelah peserta sebelumnya menjalani kelas 1 dan 2 yang mengajarkan aspek-aspek mendasar dalam pengelolaan bisnis.

Pelatihan ini didukung oleh Dana Keistimewaan dan mengusung tema tata kelola ketenagakerjaan yang tepat guna untuk mempersiapkan tenant Teras Malioboro menjadi UKM yang lebih profesional dalam pengelolaan sumber daya manusia.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Srie Nurkyatsiwi mengungkapkan, program ini merupakan bagian penting dari usaha Pemda DIY untuk mendorong UMKM agar naik kelas.

“Melalui pelatihan ini, kami berharap para tenant dapat memahami pentingnya tata kelola ketenagakerjaan yang baik, sehingga mereka bisa menciptakan iklim kerja yang produktif dan mendukung pertumbuhan bisnis mereka ke depan,” ujarnya.

Pada hari pertama, pelatihan difokuskan pada penerapan tata kelola ketenagakerjaan. Peserta mendapatkan materi dari narasumber ahli tentang pentingnya pengelolaan sumber daya manusia yang efektif, termasuk aturan dasar ketenagakerjaan, manajemen karyawan, dan aspek legal yang perlu diperhatikan dalam membangun hubungan kerja yang harmonis.

Hari kedua diisi dengan kunjungan lapangan ke dua UKM yang telah menerapkan tata kelola ketenagakerjaan dengan baik, yaitu Abon Daun Emas dan Vifas Batik.

Kunjungan ini memberi kesempatan bagi peserta untuk belajar langsung bagaimana kedua UKM tersebut mengelola tenaga kerja mereka dengan profesional.

Ahmad Fauzi, salah satu peserta menyampaikan, kunjungan ke Abon Daun Emas sangat membuka wawasannya tentang bagaimana pengelolaan karyawan bisa dilakukan dengan cara yang lebih baik.

“Ini sangat relevan dengan bisnis saya, dan saya berencana untuk menerapkan beberapa hal yang saya pelajari di lapangan. Selain itu, menjalin kerjasama dengan Abon Daun Emas sangat menarik karena harga yang biasa saya ambil lebih mahal, tetapi di sini, harganya sangat terjangkau, turun hingga 3 kali lipat dari harga pasaran,” terangnya.

Hari ketiga pelatihan ditutup dengan sesi review dan evaluasi dari narasumber mengenai materi yang telah disampaikan. Para peserta didorong untuk menganalisis dan mengaplikasikan apa yang telah mereka pelajari selama pelatihan dan kunjungan lapangan ke dalam bisnis mereka masing-masing.

“Kami berharap pelatihan ini dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi para tenant Teras Malioboro. Dengan pengelolaan ketenagakerjaan yang lebih baik, para tenant akan lebih siap bersaing di pasar yang lebih luas,” kata Kepala UPT BLUT KUMKM DIY, Hellen Phornica.

Pelatihan ini memberikan banyak manfaat bagi tenant Teras Malioboro. Selain meningkatkan pemahaman tentang tata kelola ketenagakerjaan, peserta juga dibekali strategi untuk meningkatkan produktivitas dan menciptakan lingkungan kerja yang sehat.

Kunjungan lapangan juga membuka peluang kolaborasi dan memberikan inspirasi praktis tentang bagaimana bisnis mereka dapat berkembang lebih lanjut dengan tata kelola yang baik.

Salah satu narasumber, Warsis Mawardi berharap, pelatihan ini tidak hanya berhenti di sini, tetapi benar-benar diterapkan oleh para peserta dalam pengelolaan bisnis mereka.

“Ketika UMKM mampu mengelola karyawan dengan baik, itu akan memberikan dampak positif pada produktivitas dan kesuksesan bisnis mereka,” katanya.

Program pelatihan ini menegaskan komitmen berkelanjutan Pemda DIY dalam mendukung pertumbuhan UMKM, khususnya tenant Teras Malioboro.

Dengan tata kelola yang lebih baik, tenant diharapkan mampu bersaing secara profesional, naik kelas, dan memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap perekonomian Yogyakarta. (put)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here