Jogja Spoor Festival Tawarkan Alternatif Wisata Kreatif di Yogyakarta

0
12
Jogja Spoor Festival Tawarkan Alternatif Wisata Kreatif di Yogyakarta - (Foto: dok.Balai Yasa Yogyakarta)

KABAREWISATA.COM – Lebih dari 5000 masyarakat berbondong-bondong mengunjungi event Jogja Spoor Festival 2024 di UPT Balai Yasa Yogyakarta, Sabtu (21/9/2024).

Masyarakat nampak begitu antusias menikmati serangkaian acara yang disuguhkan. Berbagai kegiatan mulai seni budaya, tur KRD hingga tur workshop melihat lini kerja para pekerja di Balai Yasa Yogyakarta.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Yogyakarta Kadri Renggono, memberikan apresiasi yang telah memberikan suguhan hiburan yang berbeda di Kota Yogyakarta.

Ia berharap kegiatan Jogja Spoor Festival ini dapat terus diselenggarakan setiap tahunnya, dengan tema-tema yang semakin menarik dan beragam, serta meningkat juga jumlah pengunjung dan berbagai aktivitas wisata kreatif yang ditawarkan.

“Alhamdulilah, hari ini masyarakat bisa melakukan wisata edukasi dipadukan dengan rekreasi keluarga. Acara ini sebagai salah satu agenda acara yang memeriahkan Kota Yogyakarta sebagai destinasi wisata menarik di Indonesia,” ujar Kadri.

Menurutnya, Acara Jogja Spoor Festival ini mampu mendatangkan lebih banyak wisatawan pengunjung dari luar kota. Dengan acara yang melibatkan banyak UMKM dan ekosistem kreatif di Kota Yogyakarta dapat menggerakan roda perekonomian masyarakat serta sebagai titik ungkit pemberdayaan masyarakat.

Sementara itu, Executive Vice President Balai Yasa Yogyakarta Faizal Muhadi menjelaskan, agenda Jogja Spoor Festival yakni tour kereta api diesel, rail library, lomba mewarnai, mini bioskop, lomba desain livery lokomotif. Ada juga lomba mural, workshop tour rail clinic, pentas seni budaya, dan bazar ekonomi kreatif.

Faizal berharap, even ini dapat memberikan atraksi baru bagi wisatawan, sehingga mereka tidak hanya sekadar jalan-jalan, tapi juga merasakan pengalaman yang berkesan.

“Ini sudah kedua kalinya kami berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata. Semoga ke depan bisa diadakan rutin setiap tahun,” ujar Faizal.

Selain itu, pada acara Jogja Spoor Festival 2024, pengunjung juga dapat menikmati 53 tenant yang diisi oleh perwakilan destinasi wisata, ekonomi kreatif dari Kelurahan Demangan, hingga jajanan yang sudah menjadi ciri khas Jalan Kusbini seperti es doger, batagor, dan angkringan.

Salah satu pengunjung Nifrotul Navaza mengaku telah merencakannya kunjungannya ke Jogja Spoor Festival sejak jauh-jauh hari. Pengunjung asal Kendal Jawa Tengah ini rela antri untuk mengikuti workshop tour rail dan mencoba pengalaman baru menaiki kereta api.

“Jogja Spoor Festival 2024 sangat keren. Sudah dari 2 minggu yang lalu kita mencari tiket biar bisa mengikuti seluruh rangkaian acaranya,” katanya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here