Peran Hukum dan Etika dalam Membangun Peradaban Digital di Indonesia

0
5

KABAREWISATA.COM – Dalam rangka menyambut Dies Natalis ke-59, Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menyelenggarakan Seminar Nasional “Peran Hukum dan Etika dalam Membangun Peradaban Digital di Indonesia”, Selasa (17/9/24), di Auditorium Gedung Bonaventura Kampus III UAJY.

Seminar Nasional yang dibuka untuk umum ini tidak hanya dihadiri mahasiswa, namun juga jajaran rektorat, dosen dan tenaga kependidikan dengan lima narasumber yang membawakan materi berbeda-beda.

Narasumber yang hadir pada seminar kali ini adalah Rudy Zukri Alamsyah, ST, MTI dengan materi “Strategi penguatan Cyber Security di Era Transformasi Digital”, Prof Dr Ahmad M Ramli, SH, MH, FCB dengan materi “Transformasi Regulasi Cyber Security di Indonesia”, Dr Al. Wisnubroto, SH, M.Hum dengan materi “Reorientasi Hukum dalam Pemanfaatan Kecerdasan Buatan” serta Dr Haryatmoko, SJ dengan materi “Aspek Etis dalam Peradaban Digital”.

Kali ini mengulik peranan hukum di dunia modern yang menjadi hal penting untuk diketahui karena permasalahan digital menjadi permasalahan paling berbahaya kedua setelah perubahan iklim.

Rektor UAJY, Dr G Sri Nurhartanto, SH, LLM, mengungkapkan, kegiatan seminar ini merupakan agenda tahunan yang selalu dilaksanakan dalam rangkaian Dies Natalis UAJY. “Fakultas Hukum mendapatkan kesempatan untuk mengelola kegiatan seminar ini,” terang Sri Nurhartanto.

Dekan Fakultas Hukum UAJY, Prof Dr Theresia Anita Christiani, SH, M.Hum, menyebutkan, tema yang diangkat pada seminar kali ini menyesuaikan dengan tema Dies Natalis, yaitu UAJY Inovatif, Unggul dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Maju.

Tema seminar kali ini dikaitkan tidak hanya dengan tema dies, tetapi juga dengan program studi  yang memiliki keunikan dibandingkan dengan program studi hukum di fakultas lain.

Kegiatan  ditutup dengan penyerahan cinderamata untuk para narasumber dan penampilan musik Band Allegra dari mahasiswa Program Studi Hukum UAJY. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here