Kalurahan Condongcatur Jadi Percontohan Desa Bersinar

0
24
Lurah Condongcatur menerima penghargaan Juara I Lomba Desa Bersinar (Bersih Narkoba). (Foto: Pemkal Condongcatur)

KABAREWISATA.COM – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY memberikan penghargaan yang meraih juara Lomba Desa Bersinar (Bersih Narkoba): Kalurahan Condongcatur Sleman (Juara 1), Kalurahan Trirenggo Bantul (Juara 2), Kalurahan Bangunjiwo Bantul (Juara 3), Kalurahan Sariharjo Sleman (Juara Harapan 1) dan Kalurahan Wonosari Gunungkidul (Juara Harapan 2).

Hal itu terkait program dan kebijakan Pemerintah Kalurahan dalam pencegahan penyalahgunaan narkotika yang merupakan bentuk pengakuan atas pengorbanan, kerja keras dan semangat desa/kalurahan dalam menciptakan daya lawan dan daya tangkal terhadap narkoba melalui berbagai upaya dan program yang dilakukan masing-masing desa/kalurahan.

Kepala BNNP DIY, Brigjen Pol Andi Fairan, SIK, MSN, mengatakan, penghargaan disampaikan bersamaan peringatan Hari Anti Narkoba Internasional 2024 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman pada 26 Juni 2024.

Pemkal Condongcatur adalah kalurahan yang pertama kali dicanangkan sebagai Desa Bersinar di Indonesia oleh Kepala BNN pada 2018. Sejak dikukuhkan hingga saat ini Kalurahan Condongcatur terus-menerus menganggarkan untuk P4GN terbesar di seluruh DIY sebesar Rp 116 juta.

Kalurahan Condongcatur sering menjadi percontohan Desa Bersinar tingkat nasional dan mampu menurunkan tingkat kerawanan narkoba melalui berbagai terobosan, di antaranya kebijakan untuk penghuni kos-kosan.

Kalurahan Condongcatur berhasil melaksanakan program pencegahan penyalahgunaan narkotika melalui beberapa indikator, di antaranya dukungan secara massif terhadap program pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN).

Seperti kebijakan P4GN Pemkal, anggaran program P4GN dalam APBKal, media sosial kalurahan untuk program P4GN dan berbagai kegiatan P4GN berdasar kearifan lokal yang telah dilakukan Pemkal Condongcatur.

Lurah Condongcatur, Reno Candra Sangaji, SIP, MIP, mengajak masyarakat untuk mendukung kebijakan dan program Pemkal Condongcatur. “Salah satunya program kampanye P4GN dengan berbagai bentuk dan kegiatannya,” kata Reno, Kamis (27/6/2024). (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here