Bank Sampah Menur’45 Kumpulkan dan Pilah Sampah

0
12

KABAREWISATA.COM – Bank Sampah Menur’45 Padukuhan Kayen, Kalurahan Condongcatur, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, membagikan tanda kasih kepada seluruh anggota berupa 80 paket minyak goreng dan sabun cair cuci piring di Joglo Suratno, Kamis (6/6/2024).

Ketua Bank Sampah Menur’45, Relis Gusneta, menyampaikan, dalam pertemuan anggota yang diikuti warga RT 07 dan RT 08 sekaligus perayaan HUT ke-2.

Bank Sampah Menur’45 rutin mengumpulkan dan memilah sampah setiap 2 minggu sekali. “Hasil dari penjualan untuk mendukung kegiatan dan juga sosial,” kata Relis yang menambahkan bank sampah memiliki saldo Rp. 7,8 juta.

Relis berharap ke depan bank sampah ini bisa berkembang lagi dan dapat membantu pemerintah dalam mengatasi masalah persampahan.

Ketua RW 45, Sukirman, S.Pd, mengatakan, kegiatan itu sangat positif untuk mengurangi jumlah sampah rumah tangga sehingga menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Menurutnya, kegiatan bank sampah melalui pemilahan, daur ulang dan pengolahan sampah bisa meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pengelolaan sampah yang baik. “Selain juga dapat memberikan peluang ekonomi kepada dengan menjual sampah yang dapat didaur ulang,” jelasnya.

Giyarti, salah satu anggota bank sampah, mengusulkan agar sampah telah dipilah dari rumah berdasarkan jenisnya: sampah organik , anorganik dan bahan berbahaya. “Sehingga pengurus dapat lebih mudah dan efisien dalam kegiatan memilah dan mengelompokkan jenis sampah,” katanya.

Ke depan, bank sampah dapat dikembangkan menjadi kerajinan tangan dari daur ulang yang bermanfaat dan memiliki nilai ekonomis: tas, perhiasan atau dekorasi rumah.

Dengan mengembangkan bank sampah menjadi hasil kerajinan, dapat menciptakan peluang usaha dan meningkatkan pendapatan masyarakat. Memberikan manfaat sosial dan ekonomi yang signifikan bagi masyarakat. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here