Makin Berkembang Karawitan Sekar Budaya Condongcatur

0
24

KABAREWISATA.COM – Paguyuban Karawitan Sekar Budaya Condongcatur, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, menginjak usia setahun.

Paguyuban itu berkiprah sesuai dengan SK Lurah Condongcatur Nomor 139/Kep.Lurah/2023 tentang Pengukuhan Paguyuban Seni Karawitan Sekar Budaya Condongcatur Kalurahan Condongcatur Kapanewon Depok Kabupaten Sleman.

Kemarin memperingati ulang tahunnya yang pertama di Pendopo Kromoredjan Kalurahan Condongcatur ditandai pemotongan tumpeng yang menjadi simbol dari harapan untuk kehidupan yang lebih baik.

Pada kesempatan itu ada performance dari Ari Tejo Sitter, yang secara konsisten melestarikan musik siter karena saat ini banyak ditinggalkan banyak orang.

Ketua Paguyuban Sekar Budaya Condongcatur, Ganep Sri Lestari, menyampaikan, budaya Jawa dan karawitan yang adiluhung diharapkan dapat terus lestari dan berkembang di Kalurahan Condongcatur. “Di samping itu untuk nguri-nguri budaya Jawa,” kata Ganep Sri Lestari.

Hal itu juga sejalan dengan bangunan pendopo Kromoredjan yang mengambarkan Condongcatur selalu menjaga tradisi ciri khas kebudayaan Jawa. Harapannya, generasi muda selalu semangat untuk belajar, menjaga dan mengembangkan budaya Jawa.

Lurah Condongcatur, Reno Candra Sangaji, S.IP, M.IP, menjelaskan, salah satu bentuk melestarikan budaya Jawa bisa melalui karawitan.

Latihan karawitan yang rutin digelar itu, kata Reno, sebagai bentuk dukungan konkret Kalurahan Condongcatur sebagai rintisan desa mandiri budaya. “Pemerintah Kalurahan Condongcatur akan mensupport kegiatan budaya,” kata Reno, Kamis (6/6/2024).

Selain ada Paguyuban Sekar Budaya, di Kalurahan Condongcatur juga ada Paguyuban Karawitan Ngesti Laras yang sudah eksis berkegiatan dan mengelar pentas rutin tiap bulannya setiap Kamis Pon.

Karena menjelang Hari Jadi Kabupaten Sleman selalu diadakan lomba karawitan ibu-ibu antar kapanewon dan kalurahan, akhirnya di Condongcatur pada Juni  2023 dibentuk paguyuban seni karawitan. “Itulah alasan dibentuknya paguyuban seni karawitan sekar budaya Condongcatur,” kata Tri Wusono, penasihat paguyuban.

Paguyuban Sekar Budaya Condongcatur adalah perkembangan dari Paguyuban Sekar Rinonce yang kegiatannya berpusat di Sengkan Joho yang sejak 2018 dipercaya sebagai duta Kapanewon Depok.

Sejak dikukuhkan Lurah Condongcatur, Paguyuban Sekar Budaya Condongcatur disiapkan sebagai Duta Kapanewon Depok dalam mendukung semboyan Kalurahan Condongcatur Berbudaya. Sampai saat ini anggotanya sebanyak 20 orang meliputi penabuh dan sinden. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here