Kejuaraan Renang Antar Sekolah Tahun 2024

0
46

KABAREWISATA.COM – Kejuaraan Renang Antar Sekolah (KRAS) dan Perguruan Tinggi 2024 diselenggarakan di Kolam Renang Kampus UNY Karangmalang, Sleman, pada 23 – 25 Februari 2024, diikuti 884 orang peserta dari 28 provinsi se-Indonesia.

KRAS tahun 2024 menjadi perhelatan yang digelar ketiga kalinya oleh Pengkab PB Aquatik Sleman bekerjasama dengan Dispora Kabupaten Sleman.

Kejuaraan renang ini juga didukung Pemkab Sleman sebagai media untuk mencari bibit-bibit unggul di cabang olahraga renang. Pemerintah Daerah bahkan mendorong pelaksanaan KRAS agar semakin maju hingga ke tingkat internasional.

Jadi, sebenarnya ini sudah ketiga kalinya KRAS ini dilaksanakan kerjasama dengan Dispora Sleman. Pemerintah mensupport inisiatif Pengkab Aquatik. “Dan panitia yang sudah mendorong olahraga renang ini dalam skala yang lebih besar,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman Agung Armawanta.

Agung menambahkan, KRAS tahun ini memiliki daya tarik tersendiri karena banyak perenang muda yang ikut lomba tersebut. “Selain menjadi event olahraga, hal ini juga dapat menunjang pariwisata di Kabupaten Sleman,” kata Agung.

Ketua Panitia KRAS 2024, Agus Supriyanto, mengatakan, peserta yang ikut kegiatan tersebut mengalami penurunan dibandingkan dengan pelaksanaan KRAS tahun lalu. “Karena tahun ini berbarengan event lomba renang di Tegal, Jawa Barat, dan NTB, yang tanggalnya sama persis,” kata Agus.

Nomor seri KRAS 2024 mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Adapun total seri perlombaan ada 4.874. Hal ini dikarenakan pelaksanaan KRAS 2024 mengikutsertakan satu nomor yang dikhususkan untuk finisher, yaitu KU IV dan KU V. “Dengan tujuan untuk memacu anak-anak usia dini agar bisa melakukan semua gaya renang,” kata Agus.

Di usia dini KU IV dan KU V itu agar bisa melakukan semua daya. Kemudian, tidak di-push untuk kecepatannya. “Teknisnya nanti bisa di semua gaya sehingga nanti di usia spesialisasi sudah tinggal meneruskan,” jelas Agus.

Ajang renang bagi pelajar ini diharapkan dapat menjadi daya tarik tersendiri sehingga pelaksanaan KRAS tahun depan dapat mengundang pelajar-pelajar dari negara tetangga.

Tahun ini ada 28 provinsi yang ikut andil sehingga cukup lumayan besar event ini dan menjadi daya tarik tersendiri bagi atlet-atlet renang untuk datang di DIY. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here