Pemberdayaan UMKM Wali Santri TPA Al Mujahidin Karangasem Condongcatur Sleman

0
32

KABAREWISATA.COM – TPA Al Mujahidin Karangasem, Kalurahan Condongcatur, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, belum lama ini adakan rapat tahunan penyampaian laporan pertanggungjawaban Pengurus TPA tahun 2023.

Sekaligus juga silaturahmi dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, takmir masjid, para donatur, pengajian Ummul Hasanah, wali santri, santri dewasa dan jamaah masjid Al Mujahidin.

Direktur TPA Al Mujahidin Karangasem, Suyitno, menyampaikan, pertemuan dalam rangka pertanggungjawaban kepengurusan TPA selama setahun sekaligus sosialisasi program tahun 2024.

“Melalui pertemuan ini akan melahirkan program baru dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan al-Qur’an,” kata Suyitno.

Tahun 2023 sudah terbentuk kelas TKA dan TPA serta kelas dewasa. “Insya Allah tahun 2024 terbentuk kelas remaja yang kini sudah ada santri dan ruangan dari donatur,” kata Suyitno.

Adapun yang menarik dalam rapat tersebut adalah pemberdayaan UMKM wali santri berupa gorengan, cilok, bakso, pempek dan seblak. Hal ini membuktikan, TPA berusaha melibatkan semua pihak, termasuk wali santri.

Salah satu wali santri, Annisa Latif, menyambut baik keterlibatan UMKM wali santri. “Hal tersebut untuk meningkatkan ekonomi,” kata Annisa, yang bersyukur dapat dilibatkan dalam kegiatan TPA.

Jarang sekali ada TPA yang memperhatikan UMKM. “Semoga TPA yang lain bisa meniru TPA Al Mujahidin,” papar Annisa.

Dalam rapat tersebut banyak ide dan masukan yang disampaikan kepada TPA, di antaranya SPP santri ditertibkan dan program pembinaan akidah dan akhlak juga diperkuat.

Reno Candra Sangaji, Lurah Condongcatur, menyampaikan apresiasinya dan ikut senang. “Saya bangga seluruh kegiatan dari TPA masjid Mujahidin baik sekali,” tandasnya.

Bagi Reno, hal tersebut bisa menjadi percontohan bagi TPA lainnya dalam rangka pengelolaan manajemen. “Dan dalam merangkul masyarakat sangat baik, insya Allah TPA Mujahidin semakin baik,” kata Reno.

Dalam rapat tersebut dihasilkan keputusan ada lima program unggulan TPA, yaitu TPA peduli pendidikan anak yatim dan dhuafa, TPA prestasi untuk meningkatkan prestasi santri, TPA berbagi untuk pemberdayaan SDM pengajar, TPA bergizi untuk support gizi santri dan TPA berdikari untuk support sarana prasarana. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here