Senam Bersama Petugas Pemilu

0
46
Senam bersama bagi petugas Pemilu di Kalurahan Condongcatur, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman. (Foto: Pemkal Condongcatur)

KABAREWISATA.COM – Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman melalui Puskesmas Depok 2 melaksanakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dengan senam bersama dan cek kesehatan bagi petugas Pemilu di Pendopo Kalurahan Condongcatur, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, pada 2 Februari 2024 lalu.

Kepala Puskesmas Depok 2, Sri Mujianto, SKM, MPH, menjelaskan, kegiatan senam bersama petugas Pemilu 2024 ini sebagai pemantapan anggota KPPS Condongcatur dalam menjaga kesehatan.

Juga menindaklanjuti hasil screening awal petugas Pemilu yang saat pemeriksaan kesehatan mempunyai gula darah sesaat/sewaktu di atas 140 miligram/desiliter.

Dan setelah senam dilakukan pemeriksaan kesehatan lanjutan tensi dan kadar gula darah dengan menerjunkan 15 paramedis dari Puskesmas Depok 2.

Harapannya, pada saat bertugas di hari H padat 14 Februari 2024 kondisi petugas Pemilu dalam kondisi prima dan optimal sehingga dapat menjalankan tugas dengan baik dan lancar.

Dijelaskan Kepala Puskesmas Depok 2, dalam pemeriksaan lanjutan ini ada petugas Pemilu yang kadar gulanya masih tinggi di atas normal. “Kemudian kami rekomendasikan untuk melakukan pemeriksaan lanjutan di Puskesmas Depok 2,” kata Sri Mujianto.

Bagi petugas Pemilu disarankan untuk menjaga kesehatan dengan melakukan aktifitas fisik secara teratur, olahraga, makan makanan seimbang: proporsi antara karbohidrat, protein dan lemak.

“Selalu mengonsumsi buah-buahan, sayur dan minum air putih. Juga selalu cek kesehatan secara teratur dan istirahat yang cukup,” kata Sri Mujianto.

Ketua PPS Condongcatur, Wuri Handayani, S.Sos, menjelaskan, di Condongcatur terdapat 133 TPS Reguler dan 4 TPS Lokasi Khusus di Kampus UPN dan STIKEs Guna Bangsa dengan jumlah KPPS sebanyak 959 orang dan petugas keamanan 274 orang.

Dari 959 anggota KPPS yang dulu melakukan cek kesehatan (skrining) ada 153 orang yang saat pemeriksaan tensi dan gula darahnya tinggi sehingga dilaksanakan olahraga senam bersama dilanjutkan dengan cek kesehatan.

“Semoga sehat semuanya dan petugas Pemilu di Condongcatur siap sukseskan Pemilu 2024,” kata Wuri Handayani, Senin (5/2/2024). (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here