Dhaup Ageng BPH Kusumo Kuntonugroho dengan dr Laily Annisa Kusumastuti

0
114

KABAREWISATA.COM – Bertempat di Kagungan Dalem (KD) Bangsal Sewatama Kadipaten Pakualaman Yogyakarta pada 7 – 11 Januari 2024 akan digelar rangkaian pernikahan Bendoro Pangeran Haryo (BPH) Kusumo Kuntonugroho dengan dr. Laily Annisa Kusumastuti.

Dhaup Ageng (pernikahan agung) ini bukan hanya prosesi pernikahan saja, tapi merupakan upaya nguri-uri atau melestarikan budaya yang dilaksanakan Kadipaten Pakualaman Yogyakarta.

Calon pengantin laki-laki BPH Kusumo Kuntonugroho adalah putra bungsu Wakil Gubernur DIY sekaligus pemimpin Kadipaten Pakualaman KGPAA Paku Alam X dan GKBRAA Paku Alam. Sedangkan calon mempelai wanita Laily Annisa Kusumastuti adalah putri pertama Tri Wibowo dan almarhumah Wijayatun Handrimastuti.

GKBRAA Paku Alam mengatakan, tema dhaup ageng adalah ”Manifestasi Kecerdasan Bathara Indra”. “Tema tersebut diwujudkan dalam motif batik yang dikenakan dalam berbagai rangkaian acara,” kata GKBRAA Paku Alam dalam jumpa pers dhaup ageng di Kagungan Dalem Bangsal Kepatihan Kadipaten Pakualaman Yogyakarta, Rabu (3/1/2024),

Seluruh upacara dhaup ageng tersebut akan digelar dalam adat Jawa. Hal tersebut sebagai upaya merawat dan melestarikan kebudayaan atau nguri-uri kebudayaan.

Sebab, banyak aspek budaya yang mungkin sudah tak banyak diketahui masyarakat pada prosesi pernikahan agung tersebut. (*/Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here