Pemkal Condongcatur MoA dengan STPMD “APMD” Yogyakarta

0
63
Lurah Condongcatur usai menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) dengan STPMD “APMD” Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

KABAREWISATA.COM – Pemerintah Kalurahan (Pemkal) Condongcatur, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, belum lama ini menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) dengan STPMD “APMD” Yogyakarta di Ruang Lurah Condongcatur.

Hal tersebut untuk peningkatan dan pengembangan potensi sumber daya kalurahan melalui kerjasama bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Penandatangan MoA dilakukan Lurah Condongcatur Reno Candra Sangaji, S.IP, M.IP dan Ir. Rini Dorojati, M.S. selaku Ketua Program Studi Pembangunan Masyarakat Desa Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa “APMD” Yogyakarta

Ketua Program Studi Pembangunan Masyarakat Desa Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa “APMD Yogyakarta, Ir. Rini Dorojati, M.S. mengatakan, perjanjian kerjasama yang diadakan itu didasari oleh keinginan untuk saling membantu dan saling menguntungkan.

“Bertujuan untuk meningkatkan hubungan antara kalurahan dan Perguruan Tinggi serta melaksanakan kegiatan Tri Darma,” kata Rini Dorojati.

Adapun ruang lingkup kesepakatan bersama tersebut meliputi bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Kalurahan Condongcatur.

Lurah Condongcatur, Reno Candra Sangaji, S.IP, M.IP, mengatakan, Kalurahan Condongcatur membuka dan terbuka bekerjasama dengan Perguruan Tinggi untuk meningkatkan kemampuan sumber daya yang ada di wilayah Kalurahan Condongcatur.

Selama ini, kata Reno, di Kalurahan Condongcatur telah banyak mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi yang ada di DIY melakukan penelitian, skripsi, KKN dan tugas kampus lainnya.

“Ke depan dari pihak STPMD “APMD” Yogyakarta dapat membantu melakukan inventarisasi aset kalurahan, pemetaan, pendataan, magang dan lainnya,” ucap Reno.

Sebagai pilot project pertama kerjasama dengan STPMD “APMD” Yogyakarta ini akan dilakukan di Padukuhan Joho dengan menerjunkan para mahasiswanya untuk melakukan pelitian dan pengembangan potensi yang ada.

Sejak tahun 2022 Pamong Kalurahan Condongcatur seperti Dukuh Gejayan, Dukuh Manukan, Dukuh Pondok, Dukuh Gandok, Dukuh Pikgondang, Dukuh Pringwulung, Dukuh Gempol, Dukuh Joho, dan Kamituwa Condongcatur melaksanakan lanjut Studi S1 dan S2 di STPMD “APMD” Yogyakarta dengan program bantuan pendidikan bagi pamong dari Pemerintah Kalurahan Condongcatur.

Kerjasama antara Pemerintah Kalurahan Condongcatur dengan Perguruan Tinggi memiliki beberapa tujuan yang dapat bermanfaat bagi kedua belah pihak.

Kerjasama di bidang penyediaan sumber daya dan keahlian, penelitian dan pengembangan lokal, pendidikan dan pelatihan, inovasi dan teknologi, pengembangan sosial dan ekonomi, pengembangan kebijakan publik, penguatan kapasitas institusi dan membangun jaringan serta kemitraan.

Melalui kerjasama ini, Pemerintah Kalurahan Condongcatur dan Perguruan Tinggi dapat membangun jaringan dan kemitraan yang dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan Pemerintah Kalurahan Condongcatur. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here