Launching Jasa Layanan Wisata Edukasi Umbulharjo Explore Klasik Modif Sedan 70an

0
459
Launching Jasa Layanan Wisata Edukasi Umbulharjo Explore Klasik Modif Sedan 70an di Umbulharjo, Cangkringan, Sleman - (ist)

KABAREWISATA.COM – Dalam upaya mengembangkan jasa layanan wisata di wilayah Lereng Merapi khususnya di Kalurahan Umbulharjo, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman, Pokdarwis Merapi Vulcano Umbulharjo merintis jasa layanan wisata baru yang diberi nama Jasa Layanan Wisata Edukasi Umbulharjo Explore.

Ketua Pokdarwis Merapi Vulcano, Naryono menjelaskan, Umbulharjo Explore adalah salah satu inovasi layanan wisata terbaru yang dirintis oleh Pokdarwis Merapi Vulcano, bergerak di bidang Transportasi Wisata Edukasi di kawasan Lereng Merapi wilayah Kalurahan Umbulharjo, dan sekitarnya, yang menawarkan Wisata dengan armada Klasik Modif Sedan 70an Open Cup.

“Menawarkan para wisatawan untuk menjelajahi wisata edukasi keliling ke tempat potensi home industri UMKM yang ada di wilayah Kalurahan Umbulharjo dan sekitarnya. Wisatawan akan disuguhi proses cara membuat, cara budidaya sampai pengolahannya, sehingga sampai bisa mencicipi dan memanfaatkan ilmu dari Produk UMKM tersebut,” jelas Naryono, Kamis (21/9/2023).

Naryono menambahkan, beberapa Potensi Wisata Edukasi yang akan di suguhkan yaitu :

A. Destinasi Wisata Edukasi
– Edukasi Budidaya Jamur
– Edukasi Olahan Jamur
– Edukasi Olahan Kopi Merapi
– Edukasi Olahan Susu Sapi
– Edukasi Olahan Susu Kambing
– Edukasi Beternak Kambing Etawa
– Edukasi Kerajinan Batu Merapi
– Edukasi Observasi Burung Hantu
– Edukasi Desa Wisata

B. Sport View Merapi Wisata Alam
– Petilasan Mbah Marijan
– Wisata Plunyon Kalikuning
– Merapi Garden
– Bukit Klangon

C. Wisata At Night
Satu lagi paket wisata unik yang akan disajikan yaitu At Night. At Night adalah pelayanan wisata malam yang nantinya wisatawan akan diajak mengeksplore suasana malam di wilayah wisata Umbulharjo dan sekitarnya dengan berkendara Mobil Klasik Modif Sedan yang berhias lampu kerlap kerlip.

Dan akan berhenti di salah satu lokasi obyek wisata yang dirasa aman dan nyaman untuk menikmati pemandangan Atraksi View luncuran Lava Pijar Merapi di malam hari dengan menggunakan teropong dan lain sebagainya.

“Selain itu juga akan disuguhkan persembahan tampilan seni budaya tari-tarian, antara lain sendra tari Labuhan Merapi yang menggambarkan sejarah kekuasaan alam gaib penghuni Gunung Merapi, sambil menikmati hidangan hasil bumi Merapi, produk produk makanan tradisional dari pelaku UMKM yang ada wilayah Umbulharjo dan sekitarnya,” terang Naryono.

Jasa Layanan Wisata Edukasi Umbulharjo Explore dilaunching dengan ditandai potong pita pada hari Kamis (21/9/2023) di Resto Bonda Merapi (RBM) Karanggeneng, Umbulharjo, Cangkringan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid, S.H. didampingi Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman Marjanto, Ketua PHRI Kabupaten Sleman Joko Paromo.

Panewu Cangkringan Djaka Sumarsono, Ketua Bumkal Kalurahan Umbulharjo Tri Sunarto, Ketua Sanggar Seni Mutiara Abadi Nar Tokyo, Kamituo Kalurahan Umbulharjo Misman.

Acara launching juga dihadiri oleh Kabid Staf Dinas Pariwisata, Pendamping Rintisan Umbulharjo Explore Jajang, Ketua Ketua Asosiasi STAF Kab.Sleman, DPD AELI DIY, DPD GIPI DIY, DPD ASITA DIY, DPC DPI DIY, BPPS Kab. Sleman, ASPPI DIY, dan ASTINDO DIY, Asosiasi Jeep Merapi, Lembaga Masyarakat Umbulharjo, pengurus dan anggota Pokdarwis Kalurahan Umbulharjo, Polsek Cangkringan, Koramil Cangkringan dan seluruh Pelaku Wisata Umbulharjo Explore baik dari Seksi Armada dan Destinasi Wisata Edukasi. (jpm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here